Dosen dan Mahasiswa IIB Darmajaya Panen Ikan Lele Budikdamber bersama Anak-anak Rumah Asuh As Sakinah

  • Whatsapp
banner 468x60

(humasnews.com) -BANDARLAMPUNG – Dosen IIB Darmajaya bersama anak-anak Rumah Asuh As Sakinah melakukan panen budidaya ikan dalam ember (budikdamber) perdana pada Minggu, (24/10/2021).

Panen dilakukan setelah tiga bulan berjalan. Panen ikan lele tersebut merupakan pengabdian kepada masyarakat yang dibiayai Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tersebut diketuai Rahmalia Syahputri, S.Kom., M.Eng.Sc., dengan dua anggota Jaka Darmawan, S.E., M.Ak. dan Nurfiana, S.Kom., M.Kom serta keenam mahasiswa terdiri dari Prodi Teknik Informatika yakni Andra Ramadhan Pratama dan Wildnan Kurnia dan Sistem Komputer M. Alkhafiansyah, Muhammad Miftahul Jinan, Ersa Athaya Insyira, dan Yuli Senora Sevtiani. Adapun hibah tersebut berjudul Pengembangan Kemandirian Ekonomi Panti Asuhan Melalui Budi Daya Ikan dan Tanaman dalam Ember (Budikdamber) dan Life Skill Berbasis Teknologi Informasi.

Ketua Tim Pengabdian Rahmalia Syahputri, S.Kom., M.Eng.Sc., mengatakan hari ini (Minggu, ed) akan menambah ember dan bibit kembali. “Kami dari tim Pengabdian kepada Masyarakat akan menambah 10 ember dan 1000 bibit. Kita juga menambah kangkung, terong, semangka dan ini juga bayam,” ungkapnya.

Masih kata dia, anak-anak Rumah Asuh As Sakinah juga diberikan pelatihan keuangan syariah kepada pelajar SMP kelas VII. “Pelatihan keuangan syariah disampaikan langsung dari Rima Syafitri, S.Ag dari Kantor Kementerian Agama Wilayah Kota Bandarlampung,” tuturnya.

Pelatihan keuangan ini juga diikuti perwakilan Mualaf Center Indonesia Provinsi Lampung dan Anak asuh dari Panti Asuhan Afifa Afwa Antasari agar lebih banyak yang paham tentang bagaimana hukum perdagangan dalam Islam.

Dosen Prodi Teknik Informatika ini melanjutkan dengan dilakukan panen dan pelatihan keuangan syariah kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Rumah As Sakinah telah selesai. Namun dirinya bersama tim akan melakukan monitoring pada bulan November dan Desember.

Terpisah, Pendamping Rumah Asuh As Sakinah, Ustaz Rahmat, mengucapkan terima kasih kepada dosen dan mahasiswa IIB Darmajaya. “Mudah-mudahan ini bisa rutin sebagai asupan protein. Insyaallah nanti bisa panen seminggu sekali,” ungkapnya.

Dengan adanya panen ini juga anak-anak dapat mencukupi proteinnya. “Alhamdulillah anak-anak bisa konsumsi ikan. Kedepannya juga akan kembangkan ke Nila, Emas agar lebih luas dan sudah dapat ilmunya dari Dosen, mahasiswa dan Pak Juli Nursandi,” tutupnya.(***)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *