Sekda Nias Barat Buka Pelatihan Penatausahaan Keuangan Daerah Melalui Aplikasi SIPD

  • Whatsapp
banner 468x60

(humasnews.com) – KEPULAUAN NIAS – Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Barat Prof. Dr. Fakhili Gulo membuka secara resmi pelaksanaan pelatihan Penatausahaan Keuangan Daerah melalui aplikasi SIPD yang digelar di Tokosa Hall, Onolimbu, Kecamatan Lahomi, Kamis (7/10/2021).

Dalam arahannya Sekda menyampaikan dalam peraturan Mendagri Nomor 70 Tahun 2019 tentang sistim informasi pemerintah daerah dan Peraturan Mendagri Nomor 90 Tahun 2019 tentang Klasifikasi, kodefikasi, dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah disarankan untuk mengacu pada SIPD yang terintegrasi sampai ke pusat dalam hal ini Kemendagri.

”dalam suatu kegiatan misalnya pelayanan publik, kebutuhan ATK pemerintah pusat mesti tahu sehingga dapat mengukur sejauh mana efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran pemerintah daerah juga untuk menyikronkan antara program pemerintah pusat, provinsi dan daerah” ujarnya.

Dikatakannya, kegiatan pelatihan penatausahaan SIPD ini strategis dalam konteks penyamaan  persepsi mengenai implementasi SIPD.” Ujar Fakhili

Ia berharap pelatihan tersebut dapat memberi informasi pengelolaan keuangan secara menyeluruh sehingga dapat terwujud konsistensi antara perencanaan, penganggaran, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban.

Hadir pada kegiatan tersebut yakni Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD Lingkup Nias Barat, Camat se-Kabupaten Nias Barat dan hadirin lainnya.(Toro Harefa)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *