Pilkati Tubaba Akan Serentak dilaksanakan, Catat Tanggalnya!

  • Whatsapp
banner 468x60

(humasnews.com) – TUBABA-  Pemilihan kepalo tiyuh di tulang bawang barat sebelumnya di tunda karena zona merah kini sudah memasuki zona hijau maka PILKATI akan dilaksanakan Kamis 9 Desember 2021 serentak di seluruh tiyuh yang ada di tulang bawang barat sesuai arahan kemendagri nomor 44 maka panitia Kabupaten dalam hal ini pemerintah kabupaten telah menetapkan surat keputusan Bupati dengan nomor B/243/II.13/HK/TUBABA/2021 yang telah di setujuai oleh bupati, maka tahapan pilkati akan di lanjutkan dengan tahapan berkas bakal calon. Rabu (6/10/2021)

Sofyan Nur kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Tiyuh (PMT) yang diwakilkan Azhari Kabid Pemberdayaan Aparatur Pemerintahan Tiyuh mengatakan, ” Masa dari 9 Oktober sampai 9 Desember ada beberapa tahapan yang harus dilalui, verifikasi berkas, penetapan calon, penetapan data pemilih sementara, penetapan daftar tambahan, pemilih tetap, kampanye, masa tenang, persiapan TPS dan Kamis 9 Desember hari pencoblosan hari H pelaksanaan pilkati serentak.” Ujarnya

Memasuki tahapan kampanye sesuai arahan pemerintah melalui peraturan menteri no 72 tahun 2020 mengatakan bahwa kampanye ini bisa dilaksanakan ketentuan :

  1. Kegiatan dalam ruangan Minimal 50% dari kapasitas ruangan
  2. Tidak diperkenankan adanya arak-arakan
  3. Tidak diperkenankan melakukan event pertandingan olahraga
  4. Pentas seni menghadirkan hiburan tidak di anjurkan oleh pemerintah

Tujuan larangan ini bukan berarti membatasi ruang gerak bakal calon, demi kebaikan bersama karena masih dalam masa pandemi covid19 untuk mencegah kerumunan.

Bakal calon dalam melakukan kampanye diharapkan yang berkaitan dengan covid19 seperti membagikan masker, handsanitizer, tempat cuci tangan disarankan oleh pemerintah dibagikan kepada saat kampanye.

Panitia kabupaten berharap pelaksanaan di 69 tiyuh dapat berjalan tertib, aman dan lancar diharapkan

  1. kepada bakal calon untuk menjaga kondusifitas dalam berkompetisi dengan Arif dan bijaksana
  2. Kepada panitia penyelenggara tingkat tiyuh bersikap adil dan netral kepada siapapun tanpa memihak kepada calon dengan ketentuan perundang-undangan, jangan sampai ada keberpihakan dan juga bersikap netral kepada bakal calon.

Diharapkan masyarakat mentaati ketentuan yang telah ditetapkan panitia seperti contoh di undangan tertera waktu jam pencoblosan, maka hadirlah pada jam tersebut untuk menghindari penumpukan dan kerumunan.

Siapapun calon yang terpilih itulah pilihan rakyat pada Tiyuh masing-masing. Untuk kepalo yang terpilih dapat membawa tiyuhnya agar lebih baik dari Tahun ke Tahun berikutnya.

Untuk pengaman pilkati panitia kabupaten tergabung aparat keamanan yaitu polres tubaba dan kodim Lampung Utara, Strategi pengaman pilkati oleh polres Tubaba nanti di setiap TPS, setiap desa di atur oleh polres terkait dengan keamanan pilkati di 69 Tiyuh di Kabupaten Tulang Bawang Barat. (Iz/Mr/on)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *