Gudep Pramuka SMU PGRI Serui Terbentuk, Ini Pesan Ketua Kwartir Cabang Yapen.

  • Whatsapp
banner 468x60

(humasnews.com) -YAPEN- Pelantikan Gugus Depan SMU PGRI Serui, merupakan program Kwartir cabang Gerakan Pramuka 2605 Kabupaten Kepulauan Yapen Periode 2018-2021 dan 2021-2024. Pelantikan hari ini dilakukan kepada pengurus Majelis Pembimbing Gugus depan SMU PGRI Serui yang langsung dipimpin oleh Saskar Paiderouw, S.Pd, selaku Ketua Kwartir Cabang Kepulauan Yapen, di Kompleks SMU PGRI Serui, Sabtu, (02/10/21).

Pada pelantikan ini, ucap Ketua Kwartir Cabang, Saskar bahwa selain kepada Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan, juga pelantikan kepada Pengurus Harian Gugus depan SMU PGRI Serui.

Sebagaimana pada Visi Misi Gerakan Pramuka 2605 di Kabupaten Kepulauan Yapen, bahwa dalam periode kepemimpian kami untuk Kwartir Yapen akan dilakukan pelantikan kepada semua sekolah. Jadi akan diaktifkan semua Gugus-Gugus depan, sehingga sekolah yang Gugus depan Pramukanya sudah tidak aktif, akan diaktifkan lagi, imbuh Ketua Kwartir Cabang, Paiderouw.

Kedepan kami mengaktifkan atau membentuk Gugus-Gugus di setiap sekolah dan ditingkat Distrik, akan dikukuhkan juga kepengurusan Kwartir ranting. Untuk Sekolah-sekolah SMU atau SMK, telah kami membentuk empat Gugus depan yaitu, Gugus depan SMA N 1 Serui, Gugus depan SMK YPK Serui dan Gugus depan SMA Penabur Serui dan termasuk hari ini dengan Gugus depan SMU PGRI Serui.

Pesan kepada Majelis Pembimbing, dan Pengurus Harian di Gugus depan SMU PGRI Serui bahwa Kepramukaan didalam Kurikulum tahun 2013 bersifat wajib, jadi semua Guru harus terlibat membina siswa, dan semua siswa harus terlibat sebagai anggota Pramuka, urai Saskar.

Kegiatan Kepramukaan, bukan merupakan kegiatan ekstra kurikuler pilihan, namun kegiatan Kepramukaan menjadi wajib kepada semua siswa. Oleh sebabnya tugas Guru untuk ikut membina siswa dengan kegiatan Kepramukaan ini.

Harapan kami bahwa bisa memperoleh siswa berkarakter, jadi pembinaan karakter lebih banyak ditujukan kepada siswa-siswa melalui Kepramukaan di Gugus depan yang terbentuk dan khususnya yang di SMU PGRI Serui bahkan nantinya di sekolah-sekolah lain.

Dalam pelantikan tadi telah saya tegaskan bahwa kegiatan Pramuka ini sekarang telah menjadi kegiatan ekstra kurikuler wajib di sekolah. Di semua satuan pendidikan tingkat SD, SLTP, maupun tingkat SMU/ SMK. Jadi Kepala Sekolah sebagai Ketua Majelis Pembimbing akan menkoordinir dan mendorong semua guru untuk terlibat dalam pembinaan sesuai tata kepramukaan itu sendiri.

Ditambahkan Kepala SMU PGRI Serui, Petrus Wondamani, S.Pd, mengapresiasi dan ikut berterimakasih kepada kaka Kwarcab 2605 Kabupaten Kepulauan Yapen, Para Pusdiklat 2605 Kabupaten Kepulauan Yapen, dan Ketua Harian Kwarcab 2605 Kabupaten Kepulauan Yapen, serta Sekretaris yang telah hadir melantik Majelis Pembimbing dan Pengurus (Mabigus), Kwarcab Pangkalan SMU PGRI Serui.

Dikatakannya bahwa kegiatan Kepramukaan merupakan kewajiban bagi kami para Guru-guru di sekolah, karena kegiatan ekstra kurikuler menjadi wajib Pramuka untuk dilaksanakan di sekolah. Kami juga untuk kedepan seijin Kwarcab untuk bisa melakukan kursus mahir dasar (KMD) Pramuka bagi Bapak Ibu Guru di Sekolah untuk bisa memahami apa atau siapa itu pembimbing Pramuka.

Pdt. Simson Imbiri, selaku Kepala Pusdiklatcab  Pramuka Kabupaten Kepulauan Yapen, ikut bersyukur atas telah dilakukan pelantikan Majelis Pembimbing dan Pengurus (Mabigus), Kwarcab Pangkalan SMU PGRI Serui. Dengan harapan di sekolah-sekolah lain juga dalam waktu dekat bisa terbentuk Mabigus Pramuka. Semoga Pramuka tetap Jaya kedepannya. (Rep. zri).

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *