Dinas Sosial Lamsel Akan Segera mengumumkan Bayi Yang Ditemukan Warga di Jati Agung

  • Whatsapp
banner 468x60

9humasnews.com) -KALIANDA- Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, akan segera mengumumkan bayi yang ditemukan warga Dusun 1 RT 004 Desa Jatimulyo Kecamatan Jati Agung.

Bayi berjenis kelamin laki-laki yang tidak berdosa ini,  diduga dibuang oleh orang tuanya digubuk  di Area Pesawahan ini ditemukan oleh warga pada Minggu, (5/9/2021) lalu.

” Kami akan segera umumkan kepada masyarakat tentang penemuan bayi ini,  kepada warga yang merasa keluarga atau orang tuanya agar segera menghubungi kami ” Kata Kepala Dinas Sosial Lampung Selatan Dul  Kahar, S.STP M.M saat dihubungi media ini, Jumat (1/10/2021).

Kemudian lanjut Kadis Sosial Lamsel, apabila kami sudah tiga kali mengumumkan melalui media massa, namun belum ada yang mengaku dari pihak keluarga atau orang tuanya, maka kami akan berikan kesempatan kepada warga masyarakat untuk mengajukan pengangakatan anak (mengapdosinya).” Tuturnya.

Masih kata Kepala Dinas Sosial Lamsel bahwa, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 54 tahun 2007 tentang Pelaksanaan Pengangkatan Anak,  ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi bagi warga masyarakat yang akan mengadopsi bayi tersebut diantaranya memiliki surat keterangan sehat dari Rumah Sakit jiwa,  Surat Keterangan berbada Sehat (General Checkup), surat keterangan berkelakuan baik dari kepolisian, Surat Nikah,  dan beberapa persyaratan lainya.

Setalah itu calon orang tua angkat baru bisa mengajukan permohonan izin pengasuhan anak kepada Kepala Instansi sosial dengan melampirkan seluruh persyaratan.Pengajuan pengangkatan anak ke pengadilan Negeri dilakukan oleh calon orang tua angkat atau kuasanya dengan mendaftarkan permohonan pengangkatan anak ke pengadilan Negeri.

Jika pengadilan Negeri sudah menetapkan dan proses pengangkatan anak telah selesai, maka orang tua angkat harus melapor dan menyampaikan salinan penetapan pengadilan Negeri tersebut ke Kementrian sosial dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten. Langkah terakhir ,Kementrian Sosial akan mencatat dan mondokumentasikan pengangkatan anak tersebut ,dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membuatkan Akta pengangkatan anak,Barulah proses pengangkatan anak resmi secara hukum…” kata mantan Camat Natar ini.

Dul Kahar juga menyampaikan bahwa sejak ditemukan bayi ini oleh warga digubuk area Pesawahan Deaa Jatimulyo Kecamatan Jati Agung, pihaknya telah memberikan perlindungan dan pengasuhan sementara, kami berikan hak-hak kebutuhan hidup dasarnya, selagi polisi mencari keberadaan orang tua kandung bayi ini atau sampai ada orang tua asuhnya.

Dinas Sosial Lamsel selalu menjalankan komitmennya untuk senantiasa hadir dalam melindungi anak-anak yang dibuang sebagai upaya hadirnya Negara dalam memberikan perlindungan bagi hak-hak anak ” Pungkasnya.

Ditempat terpisah Kasubsipenmas Polres Lampung Selatan, Iptu Abqoriyah SH, mewakili Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin, SIK, SH, MSi mengatakan bahwa hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan penyelidikan terhadap pelaku yang membuang Bayi berjenis kelamin laki-laki digubuk area pesawahan Dusun 1 RT 004 Desa Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan pada Minggu (5/9/2021) sekitar pukul 08.30 wib lalu.

” Kami masih Intens melakukan penyelidikan ditemukanya Bayi jenis Laki-laki di Area Pesawahan Desa Jati Mulyo Jati Agung ”

Oleh karena itu kami menghimbau kepada keluarga atau orang tua dari bayi tersebut untuk segera menghubungi Dinas Sosial Lamsel yang saat ini yang melakukan pengasuhan . ” Pungkasnya. (cak)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *