Ratusan Mahasiswa UPS Tegal Diwisuda Secara Online dan Offline

  • Whatsapp
banner 468x60

(humasnews.com)-TEGAL- Sebanyak 722 mahasiswa Universitas Pancasakti (UPS) Tegal diwisuda secara  Daring (online) dan Offline pada 23 dan 25 September 2021 bertempat di Gedung Auditorium kampus setempat Jalan Halmahera KM1 Tegal, Kamis (23/9/2021). Pada hari ini, Kamis (23/9) wisuda digelar secara online diikuti 8 perwakilan di tiap fakultas dan dihadiri pula para senat dilingkungan kampus.

Pelaksanaan sidang senat terbuka dalam rangka wisuda program magister ke-11, Sarjana ke-66 dan Diploma Tiga ke-43 berlangsung khidmat dengan tetap menekankan Protokol Kesehatan (Prokes) ketat dengan tema kali ini ” Wisudawan Tangguh Untuk Indonesia Tumbuh”.

Dari ke 722 wisudawan ini, rinciannya, 47 program magister, 644 program Sarjana Satu (S1), 12 Diploma Tiga (D3).  Sementara itu, untuk data wisudawan di masing masing Fakultas dan Program Pasca Sarjana yakni dari Fakultas FISIP ada 47 wisudawan, dari FKIP ada 180 wisudawan, dari FEB ada 241 wisudawan, dari FTIK ada 65 wisudawan, dari FPIK ada 8 wisudawan, dari FH ada 118 wisudawan dan dari Pasca Sarjana ada 47 wisudawan.

Dalam kesempatan ini, Ketua Yayasan Pancasakti Tegal Dr. H. Imawan Sugiharto, SH. MH mengatakan, berbagai usaha dan upaya yang telah anda lakukan selama menempuh studi telah membuahkan hasil dengan diraihnya gelar akademik yang Insya Allah akan bermanfaat untuk pengembangan diri menjadi lebih maju dan sukses. Namun demikian, pencapaian tersebut janganlah dimaknai secara berlebihan, melainkan sebagai titik awal untuk melanjutkan hidup yang lebih berkualitas melalui pengamalan ilmu yang dimiliki  sehingga berguna bagi masyarakat. Orang yang sukses adalah orang yang selalu mengabdi dan selalu berusaha memberikan manfaat untuk sesama.

Dikatakan, Seperti kita ketahui bersama, saat ini kita masih dalam masa pandemi Covid 19 dimana semua kegiatan kita sehari-hari dibatasi sesuai dengan peraturan atau kebijakan pemerintah sehingga memberikan dampak yang cukup signifikan di berbagai sektor kehidupan tak terkecuali pendidikan. Di sisi lain, persaingan dunia kerja semakin kompetitif, perkembangan teknologi yang pesat dan tidak terkejar mulai menggeser peran sumber daya manusia di berbagai aspek kehidupan, bonus demografi di negara kita menjadi terancam. Menindaklanjuti hal tersebut, para lulusan UPS diharapkan benar-benar menguasai literasi akademik sesuai dengan disiplin atau bidang ilmu masing-masing sehingga benar-benar siap untuk mempraktekkan konsep keilmuan yang dimiliki dalam dunia kerja.

Para lulusan juga diharapkan mampu menguasi literasi-literasi yang lain seperti literasi informasi yang terkait dengan bagaimana berfikir kritis dalam  menyikapi dan mengolah berbagai macam informasi, mampu memanfaatkan berbagai macam media atau literasi media, dan yang lebih penting lagi yaitu literasi digital. Para lulusan diharapkan memiliki ketrampilan dalam memanfaatkan berbagai macam teknologi khusunya yang berbasis internet  terutama di era pandemi covid 19 sekarang ini. Penguasaan literasi digital ini sangat menunjang para lulusan untuk memasuki dunia kerja dalam era milenum. Melalui integrasi penguasaan kompetensi kelimuan serta penguasaan literasi digital yang baik, akan membuat para lulusan yang diwisuda hari ini untuk menjadi wisudawan tangguh yang siap menghadapi berbagai macam persaingan dunia kerja.

Sementara itu, Rektor UPS Tegal Prof. Dr. Fakhruddin, MPd menambahkan, Pada kesempatan yang berbahagia ini pula, saya atas nama seluruh sivitas akademika Universitas Pancasakti Tegal, mengucapkan selamat kepada para wisudawan atas keberhasilan dalam menyelesaikan studi di Universitas Pancasakti Tegal tercinta ini.

Dikatakan Rektor, Wisuda bukanlah akhir dari proses belajar, namun sebaliknya, wisuda adalah pintu gerbang dari ilmu yang sudah saudara dapatkan di kampus tercinta ini yang kemudian dilanjutkan untuk membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang semakin komplek dimasa yang akan datang.

Kita sekarang memasuki sebuah era yang disebut era disruptif dimana terjadinya perubahan besar-besaran yang disebabkan adanya inovasi yang mengubah sistem dan tatanan yang sudah mapan ke dalam sistem dan tatanan yang lebih baru.

Sistem dan tatanan lama yang masih manual tergantikan dengan sistem baru yang serba digital menjadikan adanya perubahan tatanan kehidupan pada berbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan di perguruan tinggi.

Lebih lanjut dikatakan Rektor, Kunci sukses seorang sarjana bukanlah karena lulus dengan predikat cumlaude atau predikat yang terbaik, akan tetapi kunci sukses adalah ketika seseorang memiliki kejujuran, kepercayaan, dan karakter yang kuat yang mampu memanfaatkan peluang dan kesempatan yang ada.

Setiap orang mempunyai kesempatan untuk berkembang jika berada pada komunitas dan lingkungan yang tepat. Untuk itu, tetap semangat, tetap sabar dan tetap ikhlas meraih masa depan yang gemilang.

Saya berharap Saudara dapat terus berkarya dan senantiasa memiliki semangat solidaritas, dan memberikan sumbangsih yang nyata bagi masyarakat. Teruslah belajar dan bergerak, ikuti dan beradaptasilah dengan perubahan.

Selain itu, untuk seluruh wisudawan dimanapun nanti saudara berada, hendaknya selalu menjunjung tinggi nama baik almamater dan memberikan contoh yang baik di masyarakat untuk berperan aktif dalam pembangunan manusia Indonesia seutuhnya sesuai dengan tema pada wisuda kali ini yaitu “WISUDAWAN TANGGUH UNTUK INDONESIA TUMBUH”.

Selanjutnya, para wisudawan ini nantinya bakal mengikuti prosesi wisuda Offline pada Sabtu 25 September 2021 yang dihadiri seluruh wisudawan tanpa pendamping dan bakal dihadiri pula para Dekan Fakultas dan Rektorat.(mad/pel)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *