IIB Darmajaya Gelar Ories Hybrid Selama 5 Hari, Rektor: Selamat Datang Mahasiswa The Best

  • Whatsapp
banner 468x60

(humasnews.com) – BANDARLAMPUNG – Sebanyak 800 mahasiswa baru Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya mengikuti pembukaan kegiatan Orientasi Studi (Ories) 2021 secara hybrid (daring dan luring), Senin (20/9/2021).

Ketua Pelaksana Ories 2021 IIB Darmajaya, Dedi Putra, S.E., M.S.Ak. mengatakan pelaksanaan Ories 2021/2022 dengan jumlah mahasiswa yang hadir 800 mahasiswa. “Dengan 50 mahasiswa hadir secara offline di Aula Lantai III Gedung Alfian Husin. Mereka terdiri dari penerima beasiswa KIP dan Yayasan Alfian Husin,” ungkapnya.

Ories, lanjut dia, dilaksanakan lima hari mulai 20 September 2021 hingga 24 September 2021 dengan tema “Membentuk Mahasiswa yang Berakhlak, Bermoral, dan Berintelektual di Era Merdeka Belajar Kampus Merdeka”.

“Dalam Ories juga akan mengenalkan program kampus merdeka, penggunaan kegiatan sistem akademik, dan pengembangan entrepreneur dengan inkubator bisnis, serta hari terakhir bertemu dengan jajaran prodi dengan protokol kesehatan secara ketat,” kata Dedi Putra.

Dalam sambutannya, Rektor IIB Darmajaya, Dr. (Can) Ir. H. Firmansyah Y. Alfian, M.B.A., M.Sc., mengatakan bahwa sebagai manusia jangan pernah puas dengan ilmu yang dimiliki. “Belajar terus dan belajar terus. Ilmunya kita itu hanya secuil dari ilmunya Allah Swt,” ungkapnya.

Firmansyah juga mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru di kampus The Best IIB Darmajaya. Yang terpenting adalah rasa bersyukur dipilih oleh Allah Swt untuk menjadi mahasiswa. Setiap tahun yang lulus dari SMA 80 ribu yang melanjutkan ke perguruan tinggi hanya 15 ribu hingga 20 ribu.

“Dan kalian bagian dari 20 persen tersebut. Itu harus disyukuri dan bagaimana mensyukurinya dengan berkuliah di sini secara sungguh-sungguh. Kalian merupakan mahasiswa terpilih di suasana Covid-19,” ucapnya.

Rektor berharap yang mengikuti Ories tahun ini dapat bertemu kembali 3,5 tahun ke depan dalam wisuda. “Tetapkan dalam diri kalian untuk diwisuda 3,5 tahun. Kampus Darmajaya tahun 2021 meraih peringkat 75 webometrics se Indonesia dan nomor dua se Sumatra,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Yayasan Alfian Husin Dr. Andi Desfiandi, S.E., M.A., mengatakan IIB Darmajaya telah terbiasa dalam melakukan pembelajaran digital sebelum pandemi sehingga tidak mengalami kendala dalam pembelajaran secara online.

“Saya ucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru. Yayasan Alfian Husin juga mendukung dan memberikan support lebih dalam pembelajaran dan peningkatan kualitas lulusan,” ungkapnya.

IIB Darmajaya, lanjut dia, telah menerapkan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Salah satunya magang dan studi independen dengan stakeholder yang telah bekerja sama dengan kampus biru.

“Kemudian kuliah di luar negeri, kampus mengajar juga sangat favorit bagi mahasiswa. Di bulan ini IIB Darmajaya juga menerima pertukaran mahasiswa kampus merdeka dari Universitas Muhammadiyah Magelang dan Universitas Jember,” ujarnya.

Di lain pihak, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti) Wilayah II Sumatera Bagian Selatan, Prof. Yuliansyah, S.E., M.S.A., Ph.D., Akt., CA., memberikan pesan kepada mahasiswa untuk selalu berharap dan berdoa. “Berbuat lah se arah fashion, kita tidak tahu arahnya ke mana. Kalau ada keinginan jangan berhenti berdoa. Apapun yang ingin adik-adik inginkan maka berdoa lah,” ungkapnya.

Ia mengisahkan ketika dirinya dapat berkuliah di luar negeri dan tidak pernah terpikir sebelumnya. “Pernah tidak terbayang ke luar negeri? Sama seperti saya juga saat itu tidak terbayang pergi ke luar negeri. IIB Darmajaya memiliki program untuk kalian dapat kuliah di luar negeri dan sejalan dengan Kemdikbud yakni program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” ujarnya.

Menurutnya, dengan kuliah adik-adik juga dapat menambah kompetensi dalam bidang lain dengan memanfaatkan magang. “Untuk melamar pekerjaan saat ini juga portofolio Anda harus memiliki pengalaman yang bisa didapatkan dari magang ataupun studi independen juga dengan student exchange,” tuturnya.

Mewakili Gubernur Lampung, Ir. H. Arinal Djunaidi Plt Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Lampung Ir. Kusnardi mengucapkan selamat datang calon mahasiswa baru IIB Darmajaya yang telah menjadi keluarga besar kampus biru program strata satu, baik dari Filkom maupun FEB. “Di tengah pandemi persaingan untuk memilih perguruan tinggi sangat ketat dan menjadikan pilihan 800 mahasiswa ke IIB Darmajaya,” ungkapnya.

Menurut dia, IIB Darmajaya sebagai PTS di Bandarlampung menjadi pilihan anak-anak di Pulau Sumatra dan Jawa. “Saat ini Provinsi Lampung, 57 tahun dan pembangunan berjalan sangat dinamis. Salah satunya juga dengan dukungan dari perguruan tinggi yang memberikan kontribusi untuk melahirkan lulusan yang berkualitas dan kompeten dalam membangun Provinsi Lampung,” ujarnya.

Kusnardi menerangkan bahwa dengan Era Digital saat ini semua melakukan persaingan terbuka. Dalam mempersiapkan lulusan berkualitas juga harus mengikuti perubahan dan tantangan ke depan.

“Saya yakin dan percaya IIB Darmajaya menyaring dan selektif dalam menjaring mahasiswa baru dengan memilih jiwa-jiwa yang kreatif dan segar untuk membentuk lulusan yang siap bekerja dan tangguh untuk membangun Provinsi Lampung. Jadikan Ories 2021 ini menjadi momentum untuk melangkah menuju kesuksesan,” kata dia. (**)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *