Peduli Bencana Banjir Di Serui, Masyarakat Adat Onate Di Mimika, “Gelar Dukungan Aksi Sosial”

  • Whatsapp
banner 468x60

(humasnews.com)- PAPUA – Menyikapi Bencana Banjir dan Longsor yang menimpa Masyarakat Kota Serui dan sekitarnya, kami Masyarakat Serui Suku Yawaonate di tanah rantau Mimika turut Menggelar aksi Penggalangan dukungan dana.

Guna Menyalurkannya ke Serui meringankan beban masyarakat kita di sana, ucap Kordinator kegiatan  aksi pengalangan, Aleks Wayangkau yang juga salah satu Wakil Ketua Pengurus Ikatan Onate Mimika, melalui telp kepada media, Sabtu, 18/09/2021.

Menurutnya bahwa kegiatan Aksi pengalangan ini dijadwalkan mulai tanggal 17 – 20 September 2021. Kami akan berkordinasi dengan Pengurus Adat di Serui  untuk menyalurkan bantuan  ini buat saudara-saudara yang terkena bencana disana.

Yunus Wanenda selaku tua-tua Adat Masyarakat Onate di Mimika melalui Kordinator pengalangan, menyampaikan rasa prihatin terhadap bencana yang terjadi, ini merupakan bencana luar biasa, tuturnya.

Kami juga berharap, ada kesadaran dari masyarakat kita untuk tidak lagi buang sampah disembarang tempat,  lalu tidak mengerok atau mengambil lagi material batu pasir di Sungai besar itu, karena itu salah satu dampak.

Pintanya kepada Pemerintah daerah agar sudah seharusnya buat Peraturan Daerah guna mengatur atau melarang hal ini, ucap Wanenda.

Saya teringat sejak dulu sekitar 45  tahun lampau, kami masih kecil,  tempat   tempat – tempat di sana begitu indah,  tidak ada banjir yang hebat seperti ini sampai merusak  pemukiman.

Mungkin karna Pembangunan yang kurang terta secara baik tanpa melihat daerah rawang banjir dan lain – lainnya.

Kata Tokoh adat Onate Mimika ini, bahwa ini memang Peringatan Tuhan kepada kita melalui alam selaku umat Manusia dan khususnya di Serui  agar dapat menjaga Alam di sekitar agar ada keseimbangan hidup antara Manusia, Tuhan, dan Alam CiptaaNya. (ed.zri).

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *