Jaringan Irigasi Selesai Tepat Waktu, Petani Sawah Antusias Bisa Kembali Olah Lahan

  • Whatsapp
banner 468x60

(humasnews.com)-WAY KANAN – Proyek peningkatan Daerah Irigasi Way Umpu Saluran Primer (BRT.0 – BRT 4, BN 21 – BN 33) Tahun Anggaran 2020 – 2021, dengan nomor kontrak : HK.02.03./WU.PR.1/SNVT-PJPAMS/IRA-1/IV/2021 dengan waktu pelaksanaannya 520 hari kalender kerja (20 April 2020 s/d 31 September 2021) dengan PT. Bangun Kencana Jaya sebagai kontraktor pelaksana.

Program Pemerintah Pusat melalui Kementrian PUPR/ Dirjen SDA / Balai Besar wilayah Sungai Mesuji Sekampung untuk Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI).

Sebagai pihak pemegang kontrak kerja telah melaksanakan kegiatan ini pada April tahun 2020  di wilayah Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan yang masuk jaringan (BN 21 s/d BN 33), dan sudah selesai.

Kemudian  wilayah Kecamatan Banjit Kabupaten Way Kanan yang masuk (Adendum) merupakan hulu dari jaringan BRT (BRT 0 s/d BRT 19) juga sudah selesai di kerjakan.

Hingga berita ini turun seluruh kegiatan di lapangan sudah rampung alias selesai. Kamipun mencoba klarifikasi lewat pesan Whatapp  dengan pihak pelaksana kerja, kamis 16/9/21.

Bangun Kencana Jaya melalui humasnya Bintang  menyampaikan bahwa sampai saat ini seluruh progres kerja kita sudah selesai tinggal menunggu team verifikasi turun ke lapangan, mungkin itu sementara yang dapat kami sampaikan dan alhamdulillah target waktu pelaksanaan selesai sebelum tenggat waktu yang di tentukan, sehingga masyarakat tani menjelang waktu musim garap lahan tiba telah dapat menggunakan aliran air irigasi tersebut”, tutupnya.

Surahman, salah seorang petani yang sawahnya berada di wilayah BRT 04 merasa optimis terkait perbaikan jaringan primer irigasi khususnya BRT yang melintasi areal sawah miliknya.

” Saya merasa bersyukur perbaikan sudah selesai, mudah – mudahan aliran airnya jadi lancar karena bulan november ini sudah mengolah lahan (bajak. red) di perkirakan bulan desember sudah bisa tanam”. Harapnya.

Senada dengan itu, Pak Sumarnu seorang tokoh masyarakat tani,   “terima kasih tentunya kami ucapkan kepada pemerintah yang telah memperbaiki bangunan irigasi utama yang di wilayah kami, masyarakat kami yang mayoritas petani sawah tentunya segera dapat menggunakan air untuk mengolah lahan kami, sehingga waktu musim garap lahan dan tanam serta panen bisa tepat waktu,”  pungkasnya.(Sirat edwin)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *