Cuci Sayuran Agar Bebas Kontaminasi Kuman Dan Kotoran

  • Whatsapp
banner 468x60

(humasnews.com)-BATANG – Sayuran adalah bahan salah satu sumber makanan vital untuk manusia. Namun, sebelum sampai di santap, sebelumya sayuran melalui proses perjalanan yang panjang. Penting untuk mencuci sayuran sebelum diolah atau dikonsumsi agar bebas kontaminasi kuman dan kotoran. Senin ( 13/9/21 ).

Salah satu pengepul sayuran di Dukuh Kayuabang Desa Gerlang Kecamatan Blado Kabupaten Batang bapak Riyadi. Riyadi memiliki tempat pengepul untuk hasil pertanian warga Gerlang, seperti sayuran wortel, kubis dan kentang.

Dikatakannya, dengan adanya program TMMD Reguler ke 112 di Desa Gerlang, kami sangat berterimakasih. Jalan yang nantinya akan di perkeras, tentunya akan bermanfaat bagi kami warga Gerlang. Akses jalan yang bagus memudahkan para warga, petani dan pengguna jalan terutama bagi kami. Dalam pemasaran hasil bumi menjadi lebih mudah, dengan jalan yang bagus, jarak juga akan semakin singkat.

“Sebelum sayuran kami pasarkan terlebih dahulu kita bersihkan. Dengan di bersihkan, sayuran dapat bertahan agak lama sebelum sampai ke konsumen. Selain membuat hasil panen yang layak jual, juga dilakukan untuk mencegah sayuran busuk akibat masih adanya hama atau penyakit”.

“Pencucian ini juga dapat berfungsi sebagai pre-cooling untuk mengatasi kelebihan panas yang dikeluarkan sayuran pada saat proses pemanenan. Setelah sayuran bersih kemudian kita kemas menggunakan karung. Kita juga harus menghitung jumlah hari setelah tanaman berbunga. Waktu panen sayuran juga dapat ditentukan dengan mempertimbangkan harga dan jarak distribusi untuk penjualan”. Ungkapnya.

Misalnya, jika jarak relatif dekat, sayuran dapat dipanen pada saat sudah matang. Sebaliknya, jika jarak distribusi jauh maka lakukan pemanenan saat masih setengah matang agar sampai ke tempat pemasaran sayuran tidak cepat membusuk.

Hasil panen petani Gerlang baik wortel,kubis maupun kentang kami distribusikan ke wilayah Batang, seperi ke pasar Bandar. Diluar kota juga kami pasarkan, contohnya yang terdekat Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara, ada juga ke Jakarta maupun Semarang, imbuh Riyadi. ( Pen-0736 )

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *