Ka Satgas Bimnas Noken Resmikan Rumah Belajar Pijar Dan Kelompok Bermain Anak Usia Dini

  • Whatsapp
banner 468x60

(humasnews.com) – SENTANI, PAPUA – Menempuh jarak 60km dari pusat kota Jayapura menuju Polsek Depapre Polres Jayapura, Ka satgas Binmas Noken Polda Papua beserta rombongan tiba di kampung waiya tepat pukul 11.45WIT, kedatangan Ka Satgas Binmas Noken dan rombongan adalah untuk mengunjungi sekaligus meresmikan Rumah Belajar Polisi Pi Ajar (PIJAR) dan Kelompok Bermain Anak Usia dini binaan Polsek Depapre – Polres Jayapura.

turut hadir dalam kunjungan tersebut Ka Satgas Binmas Noken Polda Papua Kombes Pol Bagijo Hadi Kurnijanto. S.Ik, Peneliti LIPI Bidang Perkembangan Politik Lokal Prof. Dr.Hermawan Sulistyo MA (Penasihat Kapolri), Kepala Lembaga Penelitian Pengadian Masyarakat dan Publikasi Universitas Bhayangkara Jaya Prof. Djuni Thamrin, Penulis Buku Jejak Cinta Di Papua Ibu Kristin Sama, , Pamin Ops Binmas Noken Polda Papua AKP Amandus J. Nuboba,Ipda Novita Fonataba, Ipda Cyrius A. Rumbiak. Rombongan di terima oleh Kapolsek Depapre Ipda Made Ambo Arjana,SH.,MH bersama Anggota dan Bayangkari Polsek Depapre.

Ka Satgas Binmas Noken Polda Papua Kombes Pol Bagijo Hadi Kurnijanto. S.IK di dampingi Prof. Dr.Hermawan Sulistyo MA dan Prof. Djuni Thamrin  secara resmi membuka dan Meresmikan Taman Bermain Anak Usia Dini dan Gedung Rumah Belajar “PIJAR” Polsek depapre untuk digunakan sebagai fasilitas belajar bagi warga masyarakat yang berada di wilayah distrik pepapre dan sekitarnya.

Pada kegiatan tersebut, Prof Hermawan Sulistiyo, Peneliti LIPI Bidang Perkembangan Politik Lokal, saat di wawancarai mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari Program Binmas Noken yang mana sangatlah penting karena merupakan entri point atau pintu masuk kepada anak-anak yang paling efektif atau paling mudah karena setiap orang tua mempunyai kepentingan yang penting dengan anak-anak terkait dengan masa depan anak-anak itu sendiri.

“Inilah yang dilakukan oleh Kepolisian di Depapre melalui pendekatan humanis atau Soft Approach terhadap masalah Papua,” ujarnya.

Konsep soft approach policing oleh Binmas Noken adalah melalui pembangunan manusia. Pembangunan atau pengembangan masyarakat didefinisikan sebagai suatu gerakan yang dirancang guna meningkatkan taraf hidup keseluruhan masyarakat melalui partisipasi aktif dan inisiatif dari masyarakat, dengan menggunakan potensi dan sumber daya yang ada di masyarakat.

sementara itu Kapolres Jayapura AKBP. Fredrickus W.A. Maclarimboen, S.IK melalui Kapolsek Depapre Ipda Made Ambo Arjana, SH.,MH saat diwawancarai mengatakan, Rumah Belajar PIJAR adalah bagian dari program Binmas Noken, program utama yang kami laksanakan pada Rumah Belajar ini adalah Kelompok Bermain Anak Usia dini, program Penuntasan Buta Aksara, Taman Bacaan Masyarakat dan Program Kecakapan Wira Usaha. kami berharap ada sinergitas antara Rumah Belajar Pijar dan instansi terkait Khususnya dalam pengembangan SDM tenaga Pengajar bagi anggota kami.

Metode kegiatan dari Rumah Belajar Pijar adalah secara terjadwal dan langsung menjadi Tenaga Pengajar di Kelompok Bermain Anak Usia Dini, pusat kegiatan belajar masyarakat dengan menggunakan metode yang dapat meningkatkan kesenangan (fun game), minat baca sejak dini, keinginan anak-anak untuk belajar (melalui metode game, sosio-drama, simulasi, media pembelajaran film dan diskusi kelompok).

“”Dalam Konsep Rumah Belajar Pijar, ada agen atau agensi yang terbentuk, yakni masyarakat binaan, dan ada agen atau agensi yang dibentuk struktur, antara lain Organisasi Kepemudaan baik dari pemerintah atau Gereja dan organisasi masyarakat lainnya,” imbuh Ambo Arjana. (Jerry_Roe)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *