Ditjen Kemendes PDTT RI Identifikasi Potensi Desa dan Model Kerjasama Bumdesma Tiga Desa di Lamsel

  • Whatsapp
banner 468x60

(humasnews.com) – PENENGAHAN – Direktorat Jendral (Ditjen) Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI (Kemendes-PDTT RI), melakukan kunjungan ke Kebupaten Lampung Selatan.

Dalam agendanya di bumi khagom mufakat tersebut Kamis (9/9/2021), Ditjen Kemendes RI bersama rombongan berencana mengunjungi tiga Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di tiga desa yakni, Desa Waykalam, Kecamatan Penengahan, Bumdes Kecapi dan Bumdes Sumurkumbang, Kecamatan Kalianda yang tergabung dalam Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma) Pesona Alam Gunung Rajabasa (PAGAR).

Kunjungan pertama, rombongan Ditjen Kemendes PDTT RI singgah ke Bumdesma Waykalam, Kecamatan Penengahan. Waktu bercengkrama dengan warga sekitar, rombongan Ditjen Kemendes PDTT terdiri dari Staff Koordinator Pengembangan Kerjasama Desa dan Perdesaan Ditjen Kemendes PDTT RI Eko Prayitno, Koordinator Pendamping Provinsi Lampung Mashuri, Koordinator Pendamping Kabupaten Lampung Selatan Ali Citra, dengan didampingi aparatur pemerintah Kecamatan dan desa setempat, membuka diskusi.

Dikesempatan tersebut banyak hal yang dibahas. Diantaranya, tentang bagaimana menggali potensi desa. Serta berupaya mendorong pengembangannya. Kemudian juga berupaya mencari solusi tentang kendala-kendala yang dihadapi, melalui menjalin kerjasama antar lembaga terkait dan desa-desa tetangga.

Turut hadir dalam kegiatan, Ketua Apdesi Kecamatan Penengahan Yahman bersama beberapa Kepala Desa lainnya, pengurus Pokdarwis Desa Waykalam, pendamping lokal desa, pelaku UMKM dan perwakilan masyarakat sekitar.

Sebelumnya, dalam sambutannya, Koordinator Pengembangan Kerjasama Desa dan Perdesaan Ditjen Kemendes PDTT Ri Eko Prayitno menjelaskan, kunjungan di Desa Waykalam bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana model dan pola kerjasama antara desa dan perdesaan berjalan. Khususnya di desa seputar lingkar Gunung Rajabasa Lampung Selatan.

” Hal ini sebagai dasar bagi kami di Jakarta. Untuk merumuskan sebuah regulasi untuk bagaimana mengembangkan Bumdesma melalui kerjasama desa ataupun antar desa pak, ataupun kerjasama dengan pihak ketiga. Muara kegiatan ini, demi memajukan desa dengan memaksimalkan sumberdaya yang ada di setiap desa, melalui kerjasama antar desa dan pihak ketiga,” ujarnya dihadapan tamu yang hadir di balai Desa Waykalam, Kecamatan Penengahan, Lamsel Kamis 9 September 2021.

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam forum diskusi tersebut, pihaknya berharap dapat menerima informasi seluas-luasnya. Utamanya, tentang permaslaahan desa. Potensi desa serta kerjasama antar pelaku UMKM dan Bumdes berjalan.

Mengingat, begitu besar potensi yang dimiliki oleh Desa Waykalam menurut informasi yang diterima  oleh pihaknya dari pemerintahan desa setempat. Seperti dia menyebut, wisata alam air terjun, sungai, panorama pengunungan, penganan khas masyarakat lokal. Serta produk utama penganan olahan lokal seperti, Wedang Jahe dan Gula Semut yang di ketahui pemasarannya sudah cukup luas hingga keluar daerah. Dan didukung oleh kemasan produk yang sangat baik dengan perizinanan dari lembaga terkait yang lengkap.

” Kami harapkan juga dukungan dari semua pendamping desa, untuk bekerja secara totalitas. Selain bekerja mengurusi hal hal yang sifatnya administratif, terkait laporan pembangunan dan BLT DD bersama aparatur desa, juga diharapkan mampu kreatif untuk menggali potensi desa yang dapat dikulik, demi kemajuan desa. Agar ada output lain diluar output resmi,” harap Eko Prayitno.

Harapan senada juga dikakatan oleh Koordinator Pendamping Desa Provinsi Lampung Mashuri. Ia mengharapkan di forum diskusi tersebut mampu dimaksimalkan oleh masyarakat Desa dan aparatur desa setempat.

Sebab menurutnya, kegiatan tersebut muaranya akan melahirkan sebuah program kerja. ” Dimana hasil identifikasi ini, muaranya akan menjadi sebuah sumber program. Nah program itulah yang nanti akan di biayai oleh pemerintah,” ujar Mashuri menambahkan.

Oleh karenanya dia berharap, kepada aparatur desa, Pokdarwis, masyarakat dan pelaku UMKM yang hadir, untuk dapat memberikan informasi sebanyak-banyaknya tentang potensi desa kepada pihak Dirjen Kemendes PDTT RI.

Dia menerangkan, Identifikasi pola atau model kerjasama yang saling menguntungkan antara desa dan pihak ketiga itu, saat ini dikatakaknya sedang berlangsung di seluruh Indonesia. Dimana identifikasi sifatnya faktual, nyata dan sedang terjadi. Beberpa hal tersebut yang nanti akan menjadi dasar perumusan program dan regulasi pemerintah, untuk menentukan arah kebijakan pembangunan di desa.

Untuk itu kata dia lagi, salah satu tolak ukur kesiapan desa yaitu komitmen dengan berperan aktif berpertisifasi dalam pembangunan desa. Dan seluruh hal yang berkaitan dalam pembangunan, dibahas secara bersama melalui jalur musyawarah dengan melibatkan unsur terkait.

” Diharapkan, keberadaan Dana Desa ini, mampu menghadirkan sebuah kemajuan bagi desa,” harap Mashuri.

Sementara, Kepala Desa Waykalam Abdul Rasyid memaparkan, Tofografi Desa Waykalam merupakan dataran tinggi. Desa Waykalam dikenal oleh masyarakat lokal sebagai sentara jahe merah dan mendapat predikat sebagai desa wisata di Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan.

Mengingat hal tersebut serta masih terbatasnya anggaran yang dimiliki oleh Desanya, pihaknya memohon dukungan kepada seluruh pihak terkait. Demi kemajuan pembangunan didesanya.

” Kami dan warga masyarakat tentunya sangat mengapresiasi atas kedatangan Dirjen Kemendes PDTT RI dan rombongan ini. Mungkin kiranya ada saran dan masukan serta bantuan guna mengembangkan potensi wisata alam dan sebagainya di Desa Waykalam, kami mohon  dukungan dan suportnya dari berbagai pihak,” pungkasnya.

Untuk diketahui, potensi wisata yang ada di Desa Waykalam, Kecamatan Penengahan meliputi, Destinasi wisata alam air terjun, Sungai, Panorama pegunungan, wisata religi, penganan olahan unggulan lokal seperti Wedang Jahe Merah, Gula Semut, aneka penganan keripik, peyek kelor serta Kesenian kerajinan ukiran kayu dan masih banyak lagi lainnya.(Yan)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *