UPTD Puskesmas Kalianda Gelar Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama

  • Whatsapp
banner 468x60

(humasnews.com) -KALIANDA- Di era pandemi seperti saat ini, langkah penanganan dan pencegahan demi memutus rantai penyebaran corona virus deases (Covid-19) ditengah masyarakat oleh pemerintah gencar dilaksanakan.

Seperti halnya yang terlihat dibalai Desa Tengkujuh, Kecamatan Kalianda Lampung Selatan ini misalnya. Selasa ( 7/09/2021), warga setempat  secara tertib dengan mematuhi prinsip Protokol Kesehatan (Prokes), antusias mengunjungi balai desa setempat.

Tujuannya tak lain, untuk mengikuti program vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Kecamatan Kalianda, dengan berkoordinasi bersama Pemerintah Desa (Pemdes) dan unsur terkait.

Plt. Kepala UPTD Puskesmas Kalianda Endang Suparman, SKM, MKM mengatakan, kegiatan vaksinasi Covid-19 terhadap masyarakat umum di wilayah kerjanya tersebut, merupakan program terjadwal UPTD Puskesmas Kalianda.

Dimana dia menerangkan, implemntasi kegiatan vaksinasi secara terjadwal, “dilaksanakan dari desa ke desa dengan berkoordinasi bersama aparatur desa dan unsur terkait,” terang Endang Suparman, saat ditemui wartaselatan.com di kantornya, Selasa 7 Agustus 2021.

Endang Suparman menjelaskan, wilayah kerja Puskesmas Kalianda Lampung Selatan terbagi dua. Pertama dia mengatakan, alur pelayanan melalui Puskesmas Wayurang dan yang kedua alur pelayanan dilaksanakan oleh Puskesmas Kalianda.

Meski tidak secara rinci, Plt. Kepala UPTD Puskesmas Kalianda itu mengatakan, secara umum untuk kegiatan program vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat umum di lima Desa dari 15 Desa yang ada di wilayah kerjanya, pemberian vaksinasi covid-19 dosis pertama dan dosis kedua telah rampung.

Kemudian, untuk pemberian vaksinasi Covid-19 dosis pertama bagi masyarakat umum ia mengklime berjalan lancar. Dan saat ini kegiatan vaksinasi dosis pertama masih terus berlangsung hingga menyentuh masyarakat ke seluruh desa dan kelurahan yang ada secara terjadwal.

” Untuk kegiatan vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Kecamatan Kalianda saat ini di lima Desa yakni, Tengkujuh, Jondong, Sukaratu, Negeri Pandan dan Kecapi,” ujarnya.

Endang Suparman berharap, melalui kegiatan vaksinasi yang gencar dilaksanakan dan merupakan program Nasional itu, mampu merangsangsang pembentukan herd immunity masyarakat. Sehingga, immunitas tubuh masyarakat dapat terbentuk, agar selalu sehat dan terjaga. Betujuan, agar mampu menangkal paparan virus berbahaya (Covid-19’red). Dengan demikian, bencana non alam (wabah Covid-19) dapat berkahir dan hilang.

Mengingat hal tersebut dan demi suksesnya program vaksinasi itu, dirinya pun berharap dukungan bukannya hanya dari kalangan masyarakat saja. Melainkan juga dukungan dari semua pihak.

Terpisah, petugas penanggungjawab program vaksinasi UPTD Puskesmas Kalianda Ida Royani mengatakan, semenjak di bukanya jam pelayanan mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 12.00 WIB, petugas mencatat 210 warga Desa Tengkujuh telah menerima pelayanan vaksinasi Covid-19 dosis pertama oleh petugas vaksinator.

” Alhamdullilah kegiatan berjalan lancar, ” ujarnya kepada awak media, usai melaksanakan vaksinasi dosis pertama bagi masyarakat umum, di balai Desa tengkujuh, Selasa (7/9/2021).

Sementara, Pj. Kepala Desa Tengkujuh Maulana mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik program vaksinasi Covid-19 oleh pemerintah yang di laksanakan di balai desa Tengkujuh itu.

Mengingat, antusias masyarakat desa yang begitu tinggi terhadap program tersebut, dirinya berharap kepada pemerintah untuk dapat menambah kuota vaksin yang dinilainya masih terbatas.

Maulana juga mengaku tak bosan mengimbau kepada masyarakat, dimasa pandemi, baik bagi masyarakat yang sudah menerima vaksinasi atau yang belum, untuk senantiasa menerapkan pola hidup sehat dan 5 M waktu berkatifitas di luar rumah yakni, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

” Alhamdulilah kegiatan berjalan lancar. Antusias masyarakat untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 hari ini di balai desa sangat tinggi. Meski demikian, demi memastikan optimalnya penanganan dan pencegahan covid-19 oleh pemerintah, selain secara rutin dan terjadwal melakukan penyemprotan desinfektan menyasar lingkungan masyarakat dan Fasilitas umum yang ada. Kami (Pemdes Tengkujuh’red), juga tak bosan-bosan mengimbau dan memberikan edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat tentang covid-19 dan cara mencegahnya dengan menerapkan pola hidup sehat dan 5 M,” pungkasnya.(cak)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *