Masyarakat Berharap Mawardi Kembali Pimpin Tiyuh Kagungan Jaya

  • Whatsapp
banner 468x60

(humasnews.com) –TUBABA- – Warga masyarakat tiyuh Kagungan Jaya pasti tidak asing lagi dengan pria ramah dan bersahaja ini.

Mawardi  merupakan calon Kepalo tiyuh/desa ( incumben) Kagungan Jaya Kecamatan Gunung Terang Kabupaten Tulangbawang Barat siap untuk memimpin kembali tiyuh Kagungan Jaya 6 tahun kedepan. Hal ini agar program belum tuntas bisa selesai dengan sempurna. Baik program yang tertuang dalam APBT maupun dalam RPJM . Demikian diungkapkan kepalo tiyuh Kagungan Jaya  Mawardi, Senin (6/9/2021).

Sikap dan keputusan bulat untuk maju pada Pilkati serentak tersebut, selain didasari panggilan jiwa secara pribadi, juga atas dorongan warga masyarakat untuk melanjutkan program pembangunan 6 tahun kedepan.

“Bisa saya sampaikan kepada warga masyarakat bahwa tugas saya sebagai Kepalo tiyuh belum selesai. Saya akan berupaya bersama warga dan perangkat lainnya untuk membangun dan memajukan tiyuh ini. Untuk itu saya bertekad maju kembali sebagai calon kepalo tiyuh Kagungan Jaya untuk melanjutkan program kerja yang saya anggap belum selesai.

Pria ramah ini sudah tidak diragukan lagi sifat dan kepemimpinannya dalam memimpin Tiyuh. Maka tak heran jika warga masyarakat tiyuh Kagungan Jaya mengidamkan dirinya menjadi kepalo tiyuh untuk 6 tahun kedepan.

Mawardi selain energik juga dekat dengan warga, baik dalam kegiatan sosial, keagamaan dirinya selalu tampil terdepan. Hal ini lah yang melatarbelakangi dirinya maju menjadi pemimpin di tiyuhnya sendiri untuk kesekian kalinya . “Program yang akan saya wujudkan nantinya pertama  membenahi pembangunan infrastruktur yang belum tuntas, baik jalan, jembatan, maupun infrastruktur pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, olahraga, sarana pendidikan, kesehatan serta Usaha masyarakat yakni UMKM warga.

“Saya memiliki keinginan untuk mengabdi dan melayani masyarakat serta berkomitmen untuk membangun tiyuh terutama meningkatkan ekonomi kreatif warga. Hal ini saya lakukan agar warga kita sejahtera,” ujarnya.

Kemudian kegiatan pemuda yakni karang taruna, RISMA serta organisasi pemuda lainnya akan disupport dengan anggaran pemberdayaan dari dana desa( DD).

“Kemajuan bidang olahraga, kesenian serta kegiatan pemuda lainnya perlu kita support dengan anggaran yang ada, agar mereka maju dan berkembang, ” pungkasnya.

Meski diketahui Tiyuh Kagungan Jaya sudah mengalami kemajuan yang signifikan, namun akan  lebih didorong lagi agar kedepan lebih maju dan memiliki daya saing. Mawardi akan berkomitmen untuk membangun sarana dan prasarana baik itu sarana primer maupun sekunder.

“Selain itu, berbagai program pembangunan lainya seperti permodalan usaha dalam mewujudkan ekonomi kreatif akan diprogramkan melalui rencana pembangunan tiyuh/ desa, serta pengelolaan dana desa yang transparan, sehingga masyarakat bisa mengontrol realisasi pelaksanaannya secara bersama – sama,” ungkapnya.

Tentunya niat baik ini kata dia, tidak akan terlaksana jika tidak mendapatkan dukungan dari  warga masyarakat,  untuk itu dirinya meminta do’a restu  serta dukungan dari seluruh elemen warga tiyuh Kagungan  Jaya  untuk mendukungnya dalam pencalonan kepalo  tiyuh serentak tahun ini.

“Insyaallah jika saya diberikan mandat, dan terpilih lagi menjadi kepalo tiyuh Kagungan Jaya, maka seluruh pemikiran dan tenaga saya, akan saya curahkan demi kemajuan tiyuh Kagungan Jaya,” pungkasnya.

Selain itu,  jika terpilih kembali akan memperjuangkan pelaku ekonomi kreatif ( UMKM) penernakan, dan merubah wajah tiyuh Kagungan Jaya lebih indah dengan tanaman buah, toga misalnya  agar nampak asri.

“Saya bertekad untuk melanjutkan kepemimpinan saya sebagai kepalo tiyuh semata mata  untuk melanjutkan program pembangunan. Visi -Misinya untuk mewujudkan tiyuh Kagungan Jaya yang beradat, bersih, ramah, damai dan takwa, serta nyawiji, guyub, rukun dan kompak.Selain itu, ia juga menambahkan setidaknya ada beberapa  misi sebagai pendukung visinya tersebut.

Adapun Visi dan misi ketika menjabat kepalo tiyuh  kembali yaitu:

Pertama, melaksanakan program yang belum terlaksana sebagai mana yang tercantum dalam dokumen RPJMDesa Kagungan Jaya, guna mewujudkan pembangunan Tiyuh  yang adil, sejahtera dan merata.

Kedua, menyelenggarakan pemerintahan yang bersih, transparan, pelayanan prima kepada masyarakat, serta mengutamakan masyarakat dalam mufakat.

Ketiga, meningkatkan kesehatan, mengusahakan jaminan kesehatan masyarakat, melalui program pemerintah, baik dari daerah maupun pusat.

Keempat, menciptakan kondisi masyarakat yang aman, tertib, bersih, ramah, toleran, rukun, dalam kehidupan bermasyarakat, beragama, berbudaya, tanpa memandang dan membedakan suku, ras antar golongan.

Kelima, mendorong usaha petani, peternak, pekebun, dan perikanan dalam arti luas, hal ini untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik lagi.

Keenam, mewujudkan ekonomi kerakyatan, pendidikan formal, non formal, keagamaan, dan pelayanan kesehatan.

Ketujuh, penyelesaian permasalahan pertanahan tentang status kepemilikan lahan (SKT dan sertipikat.

Kedelapan, mendorong kreativitas generasi muda, dalam menyongsong globalisasi dan modernisasi, tanpa meninggalkan kreativitas lokal yang ada di tiyuh Kagungan Jaya.

“Itulah  yang menjadikan niat saya mengapa saya maju kembali sebagai calon kepalo tiyuh, yang jelas saya meminta doa dan dukungan seluruh masyrakat dan  mari kita lebih kompak lagi agar tiyuh Kagungan Jaya lebih maju lagi,” tutupnya.

Sementara itu, menurut warga setempat Mawardi layak memimpin tiyuh Kagungan Jaya untuk ke sekian kalinya. ” Kami berharap pak Mawardi pimpin tiyuh ini lagi untuk 6 tahun ke depan ).

Diketahui sejak kepemimpinan Mawardi,  tiyuh Kagungan Jaya kecamatan Gunung Terang kabupaten Tulangbawang Barat, mengalami kemajuan pesat  Kemajuan tersebut, berupa pembangunan  infrastruktur jalan dan jembatan, sosial keagamaan, pemberdayaan masyarakat, pemuda dan olahraga. Maka wajar jika warga tiyuh Kagungan Jaya berharap kembali Mawardi maju menjadi calon pemimpin mereka. ( Izal sanjaya)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *