Tingkatkan Infrastruktur Jalan Desa Lewat Program PISEW

  • Whatsapp
banner 468x60

(humasnews.com) – WAY KANAN  – Pemerintah Kampung Sumber Baru dan Sumber Sari serta Kemu melalui Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Banjit Kab. Way Kanan Prov. Lampung  membangun jalan penghubung di tiga desa tersebut lewat program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) yang pengerjaannya di mulai pada bulan Juli 2021 dan sesuai kontrak waktu pelaksanaan kegiatan 100 hari kalender kerja. (31/8/21)

Fasilitator Masyarakat Desa Kusmadi  mengatakan, program padat karya dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini merupakan pengembangan infrastruktur untuk menunjang jalan produksi pertanian, serta sebagai prasarana pendukung pemasaran komoditas untuk memudahkan petani dalam mengangkut hasil pertanian.

Lanjutnya  pekerjaan pengecoran Jalan  dari sembilan belas Kampung  yang ada di Kecamatan Banjit hanya tiga (3)  Kampung yang mendapat program PISEW tahun 2021 yaitu Kampung Sumber Baru, Kampung Sumber Sari dan Kampung Kemu.

Sasaran kegiatan program PISEW meliputi pembangunan infrastruktur dasar skala wilayah kecamatan, berupa infrastruktur perhubungan/transportasi, infrastruktur pertanian, peternakan dan perikanan, infrastruktur pendukung pemasaran hasil pertanian dan peternakan.

Dijelaskan, pekerjaan program PISEW dilakukan dengan melibatkan masyarakat setempat dengan sistem padat karya tunai (PKT). Dimana masyarakat adalah sebagai pelaku, khususnya dalam pembangunan infrastruktur berskala kecil atau pekerja yang sederhana dimana dapat memberdayakan masyarakat secara ekonomi dapat upah dari ikut bekerja untuk pembangunan infrastruktur.

Adapun pembangunan jalan tersebut menggunakan anggaran Rp. 600 juta, spesifikasi teknis jenis rabat beton yang di laksanakan di tiga Kampung  tersebut dengan menggunakan cor beton, masing – masing Kampung panjang 350 meter,  lebar 3 meter dan ketebalan 15 cm. Hingga berita ini di turunkan  saat ini progres bangunan sudah mencapai 70 %.

Dampak positif dari program  ini langsung dirasakan oleh Sumiran  warga Sumber Sari. Menurutnya, dengan di cornya jalur transportasi di kampung kami menuju ke kampung kemu dapat dilalui dengan mudah dan lancar, tidak takut jatuh karena berlumpur, selain itu kami mengeluarkan hasil tani kami alhamdulilah jadi lancar.

“Terima kasih pemerintah telah membangun jalan di kampung kami”. Ujarnya.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *