Tambah Anggaran STQ, DPRD Pertanyakan Sumber Duitnya Darimana?

  • Whatsapp
banner 468x60

(pelitaekspres.com) -SOFIFI – Rencana pemerintah provinsi Maluku Utara menambah anggaran STQ Nasional 2021 sebesar 22 Milyar turut dipertanyakan oleh berbagai pihak, termasuk DPRD Maluku Utara. Pasalnya, sebelumnya Pemprov Maluku Utara telah mengalokasikan anggaran STQ yang cukup fantastis.

Ketua DPRD Maluku Utara, Kuntu Daud, menuturkan terkait penambahan anggaran 22 Milyar untuk pelaksanaan STQ Nasional yang direncanakan dilaksanakan pada bulan Oktober 2021 di Sofifi, Ibu Kota Provinsi Maluku Utara sumber dananya diambil darimana.

“Kira-kira mereka ambil 22 Milyar itu dari mana? Itu harus dirinci juga, sementara item lain di refocusing, terus STQ punya 22 Milyar di tambah. Itu porsi mana yang diambil, sedangkan perencanaan dari awal tidak direncanakan, tiba-tiba terjadi begitu,” ujarnya kepada pelitaekspres.com, via telepon, Selasa (31/8/2021).

Bahkan menurut Kuntu, ivent kegiatan yang berskala nasional tersebut tidak didukung dengan perencanaan yang matang, sehingga melahirkan kegiatan-kegiatan tambahan lainnya dalam pelaksanaan STQ nanti.

“Perencanaan harus tahu, satu tahun dipakai anggaran untuk STQ itu barapa, ini kegiatan ditempat lain dialihkan, bagaimana perencanaannya,” tanya politisi PDIP itu.

Meski demikian, pihaknya berjanji untuk memuluskan anggaran tersebut bila dibutuhkan, sehingga DPRD tidak dinilai sebagai penghambat pelaksanaan kegiatan STQ.

Selain itu, Ia menegaskan bilamana, sumber dana 22 Milyar tersebut tidak dirinci dan dijelaskan secara detail, maka pihaknya tidak akan membahas anggaran itu.

“Pokoknya kita tetap kasih lolos, mereka mau pakai dana apapun dihalalkan. Nanti kita lihat di APBD Perubahan, kalau memang itu dipakai untuk kepentingan STQ, tapi tidak tepat sasaran buat apa kita bahas. Jadi mesti kita lihat sumber dana itu dari pos mana,” jelasnya.

Terpisah, sekretaris daerah provinsi Maluku Utara, Samsuddin A. Kadir ketika ditemui pelitaekspres.com di Sofifi, Selasa (31/8/2021) mengatakan bahwa rencana penambahan anggaran STQ sebesar 22 Milyar itu, akan dipergunakan untuk beberapa jenis kegiatan saja.

“Cuma pengisian peralatan di rumah (ASN I, II, dan ASN III), kemudian ada tarian kolosal,” bebernya.(ais).

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *