Mahasiswa KKN-Tematik UPS Tegal Serahkan Buku Kepada Pengurus TBM Pustamdedin Klareyan

  • Whatsapp
banner 468x60

(humasnews.com)-TEGAL – Mahasiswa KKN-T UPS Tegal menggelar serah terima buku ke Taman Baca PUSTAMEDIN desa Klareyan kecamatan Petarukan kabupaten Pemalang, Senin (30/8).

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan proses pembelajaran mahasiswa melalui berbagai kegiatan langsung di tengah  tengah masyarakat, dan mahasiswa berupaya untuk menjadi bagian dari masyarakat serta secara aktif dan keratif terlibat dalam dinamika yang terjadi di masyarakat. Keterlibatan mahasiswa bukan saja merupakan kesempatan mahasiswa belajar dari masyarakat, namun juga memberi pengaruh positif dan aktif terhadap pengembangan masyarakat, sehingga memberi warna baru dalam pembangunan masyarakat secara positif.

Tujuan kami mahasiswa KKN-T UPS Tegal mengambil tema tentang Program Taman Baca dan Perpustakaan Desa Untuk Meningkatkan Minat Baca Bagi Warga Masyarakat Desa Klareyan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang, menjadikan perpustakaan favorit sebagai sarana rekreatif, edukatif bagi masyarakat Desa Klareyan, meningkatkan minat baca bagi masyarakat Desa Klareyan, menciptakan suasana perpustakaan yang nyaman menyenangkan tertib dan disiplin, sebagai sumber layanan informasi untuk kecepatan dalam akses dan peningkatan fasilitas agar mudah dalam pencari koleksi bahan pustaka terutama bagi masyarakat Desa Klareyan, menyediakan sumber  sumber referensi dan informasi up date untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Desa Klareyan. Untuk menunjang hal tersebut harus adanya perpustakaan yang efektif, yaitu perpustakaan yang mempunyai koleksi bahan pustaka yang memadai bagi siswa untuk mencari informasi, sesuai dengan UU Perpustakaan No. 43 Tahun 2007 menjelaskan bahwa koleksi perpustakaan diseleksi, diolah, disimpan, dilayankan, dan dikembangkan sesuai dengan  kepentingan pemustaka dengan memperhatikan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Dosen Pembimbing Lapangan KKN-T, Hastin Budisiwi,M.Pd. menuturkan dalam sambutanya  saya berharap agar tahun depan ada mahasiswa KKN di desa Klareyan lagi untuk melanjutkan kita dalam penataan PUSTAMEDIN agar bisa menjadi perpustakaan yang hidup, dan mengucapkan terimakasih kepada pihak desa yang telah menerima mahasiswa kami agar bergabung di perpustakaan tersebut.

Adapun narasumber lain yang dihadirkan pada kegiatan serah terima buku ini Khaeron,S.Ag.,M.Pd. sebagai ketua taman baca PUSTAMEDIN beliau menuturkan  Kami pihak pengurus PUSTAMEDIN mengucapkan banyak terimkaasih kepada mahasiswa KKN-T UPS TEGAL 2021 karena telah membantu mengisi beberapa fasilitas yang ada di Pustamedin untuk melengkapi sarana dan prasarana.

Setelah semua fasilitas tercukupi sampai kurun waktu satu bulan, Minggu 29 Agustus 2021 kami mahasiswa KKN  T UPS Tegal mengadakan acara serah terima buku dari mahasiswa KKN  T UPS Tegal kepada Pengurus Taman Baca Masyarakat Pustamedin Desa Klareyan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Acara tersebut didatangi dari Perwakilan Perangkat Desa, Ketua Taman Baca Masyarakat, Dosen Pembimbing Lapangan, Mahasiswa KKN-T UPS Tegal, dan masyarakat setempat. Acara tersebut berjalan dengan lancar dan khidmat.(mad/fit)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *