Lakukan Sosialisasi Aplikasi DMS, Propam Presisi dan Dumas Prisisi Kepada Bid Propam Polda Banten

  • Whatsapp
banner 468x60

(humasnews.com) -KOTA SERANG – Divisi Propam Mabes Polri melakukan sosialisasi terkait aplikasi Database Management System (DMS), aplikasi Propam Presisi dan aplikasi Dumas Presisi kepada personel Bid Propam Polda Banten.

Kegiatan sosialisasi aplikasi DMS, Propam Presisi dan Dumas Presisi ini dibuka oleh Kabid Propam Polda Banten Kombes Pol Nursyah Putra di ruang rapat Crisis Center Biro Ops Polda Banten. Senin (30/08/2021).

Turut hadir tim sosialisasi aplikasi tersebut ialah Kombes Pol Beni Ali Kabag Yanduan Divpropam Polri, AKBP Ferdiansyah Kasubagtrimlap Bagyanduan dan AKBP Dedi Kusuma Itwasum Polri. Dan kegiatan ini diikuti oleh para Kasubdit dan Kasubag Bid Propam Polda Banten beserta para kasi Propam Polres/ta jajaran dan 1 anggota.

Adapun ketiga aplikasi yang diluncurkan oleh Divisi Propam Mabes Polri memiliki fungsi yang berbeda-beda. Yaitu, aplikasi Database Management System (DMS) berfungsi sebagai pendataan dan penginputan pengaduan masyarakat serta tindak lanjut pengaduan tersebut agar dapat terdata dan termonitor langsung oleh pimpinan.

Sedangkan aplikasi Propam Presisi adalah aplikasi bagi masyarakat untuk melaporkan atau mengadukan langsung pelanggaran baik disiplin maupun kode etik tanpa harus datang ke Propam (melalui Hp). Dan kedua aplikasi ini terintegrasi sebagai wujud keterbukaan pelayanan publik.

Terakhir, aplikasi Dumas Presisi ini berfungsi untuk menerima laporan pengaduan masyarakat dan kemudian alurnya dipisahkan berdasarkan dugaan pelanggaran yang dilakukan. Jika ranahnya pelanggaran disiplin dan kode etik maka dilimpahkan ke Propam, dan jika ranahnya administrasi maka ditangani oleh Irwasum/da, sehingga tidak ada tumpang tindih.

Saat ditemui, Kabid Propam Polda Banten Kombes Pol Nursyah Putra mengatakan bahwa di era digitalisasi saat ini Polri terus melakukan inovasi. Yaitu dengan meluncurkan aplikasi DMS, aplikasi Propam Presisi dan aplikasi Dumas Presisi.

“Kita terus melakukan inovasi dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Semoga dengan adanya aplikasi DMS, aplikasi Propam Presisi dan Dumas Presisi dapat memberikan manfaat kepada instansi Polri dan masyarakat,” ucapnya.

“Dan semoga melalui kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan pengetahuan kepada seluruh personel Bid Propam Polda Banten, sehingga bisa mengoperasikan aplikasi ini,” lanjutnya.

Terakhir, ia mengajak kepada seluruh masyarakat untuk dapat memanfaatkan aplikasi ini dalam memberikan laporan pengaduan terkait kinerja anggota Polri. (Bidhumas)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *