Diskominfo Malut Terus Mantangkan Perencanaan TIK dan Smart Government

  • Whatsapp
Sekprov Malut, Samsuddin A. Kadir
banner 468x60

(humasnews.com) -SOFIFI – Dinas Kominfo dan Persandian Maluku Utara (Malut) telah menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait sinkronisasi dan meningkatkan sistem perencanaan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Smart Government di wilayah Maluku Utara.

Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Provinsi Maluku Utara, Iksan Arsad, kepada pelitaekspres.com, di Sofifi, Sabtu, (28/8/2021) mengemukakan, bahwa pada saat rakor yang berlangsung selama tiga hari di Hotel Grandland Tobelo, pada bulan Juli 2021 lalu itu di buka oleh Sekda Maluku Utara, Samsuddin A. Kadir.

Menurut Iksan, pada acara rakor tersebut, Sekda Samsuddin A. Kadir mengatakan, seiring dengan revolusi industri 4.0 di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang tidak dapat dibendung, karena perkembangannya sangat cepat.

“Hal ini ikut memacu upaya kita bersama untuk menyesuaikan dan mengejar ketertinggalan kita, terlebih lagi, melalui Permen Kominfo Nomor : 8/2019, yakni memberikan ruang dan kesempatan untuk daerah berinovasi dan berkarya dengan leluasa,” ucapnya.

Iksan bilang, saat itu Sekprov Samsuddin juga menyampaikan, dengan pengelolaan TIK yang tepat akan mampu memaksimalkan pelayanan publik yang berkualitas dan modern, serta mampu menggeser peran pemerintah yang semula regulatif, menjadi responsif terhadap segala partisipasi masyarakat.

Selain itu, Ia memaparkan tentang peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) di bidang komunikasi, informatika, persandian dan statistik juga merupakan aspek penting yang harus kita pikirkan bersama. Karena, SDM yang unggul menjadi aset utama untuk mewujudkan Smart Government.

“Rakor ini merupakan wadah untuk menyamakan persepsi dan pemahaman dan komitmen kita bersama, agar mampu merumuskan formulasi program, sesuai proses, tahapan, dan mekanisme perencanaan yang baik, berdasarkan skala prioritas. Sehingga mampu mendorong percepatan implementasi SPBE dan SDI di daerah yang sama-sama kita cintai ini,” jelasnya. (ais).

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *