Otomasisasi Penyiraman, Pemilik UMKM Taoge di Langkapura Sangat Terbantu

  • Whatsapp
banner 468x60

(humasnews.com) -BANDARLAMPUNG – Dosen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya melakukan pengabdian masyarakat ke UMKM Tanaman Taoge di Langkapura. Mereka adalah Zaidir Jamal, S.T., M.Eng., Ketua Pengabdian Masyarakat dengan dua dosen lainnya sebagai anggota Abdi Darmawan, S.Kom., M.T.I., dan Novi Herawadi Sudibyo, S.Kom., M.T.I..

Pengabdian masyarakat itu juga diikuti satu mahasiswa Sistem Komputer IIB Darmajaya. UMKM Tanaman Taoge milik Suratijo menerapkaan otomasi penyiraman tanaman Taoge dari Pengabdian Masyarakat Dosen IIB Darmajaya.

Pada Selasa (24/8/2021), UMKM Tanaman Taoge mendapat kunjungan dari Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IIB Darmajaya Dr. Sri Lestari, S.Kom., M.Cs., didampingi Zaidir Jamal dan Abdi Darmawan.

Mendapat kunjungan tersebut, Suratijo sangat senang atas bantuan dari dosen-dosen IIB Darmajaya. Dia mengatakan adanya otomasisasi dapat membantunya dalam penyiraman tanaman taoge. Selama ini, kata dia, penyiraman hanya dilakukan secara manual.

“Tanaman dapat disiram secara otomatis dengan hanya menyetel waktu penyiraman. Sekarang jadi lebih efisien waktunya,” ucap dia saat menemani kunjungan dosen IIB Darmajaya.

Sementara itu, Zaidir Jamal mengatakan otomasisasi penyiraman dilakukan untuk memudahkan petani taoge dalam melakukan perawatan dan pertumbuhan tanaman. “Otomasisasi ini juga bagian dari sumbangsih IIB Darmajaya kepada UMKM di Provinsi Lampung di tengah pandemi,” ucapnya.

Zaidir yang juga Dekan Fakultas Ilmu Komputer ini menerangkan penerapan otomasisasi ini juga bagian dari implementasi keilmuan Prodi Sistem Komputer. “Memudahkan petani untuk menyiram secara bersamaan setiap tanaman dan mengurangi tenaga,” tuturnya.

Dia berharap yang dilakukan bersama rekan-rekan dosen ini bermanfaat terhadap petani. “Otomasisasi penyiraman ini juga mengefisiensikan waktu yang digunakan oleh petani taoge,” kata Zaidir Jamal. (**)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *