Kodim 0703 Cilacap Gelar Latihan Menembak Triwulan III Tahun 2021

  • Whatsapp
banner 468x60

(humasnews.com) –  CILACAP – Dalam rangka mengasah kemampuan dasar prajurit dalam hal menembak, Kodim 0703 Cilacap melaksanakan program Latihan Menembak Senjata Ringan (Latbakjatri)  Triwulan III Tahun 2021, yang sesuai kalender latihan, kegiatan dilaksanakan dalam dua hari, pada Selasa dan Rabu (24-25/08) bertempat di Lapang Tembak Kodim, yang berlokasi di Desa Welahan, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Bertindak selaku Komandan Latihan (Danlat) Kapten Inf Tasino yang sehari hari menjabat sebagai Danramil 12 Kedungreja, Koordinator materi (Koormat) Senapan Kapten Cba M. Isa Saefudin pejabat Danramil 05 Nusawungu dan

Koordinator materi (Koormat) Pistol Kapten Inf Sueb pejabat Danramil 06 Kesugihan serta unsur Wasev (Pengawas dan Evaluasi) Kapten Inf Joko Yunanto dan Kapten Inf Umar Juhepa. Latihan diikuti oleh prajurit jajaran Kodim dan didukung Tim Asisten Teknik (Asnik) dari HarPAL Cilacap dan Tim Kesehatan dari Rumkitban Cilacap.

Sebelum memulai kegiatan dilaksanakan apel pengecekan yang dipimpin oleh Komandan Latihan dilanjutkan pengarahan oleh masing masing Koordinator Materi terkait teknis jalanya latihan agar sesuai dengan apa yang direncanakan.

Dalam kesempatan itu Komandan Latihan (Danlat) Kapten Inf Tasino mengatakan Latihan menembak senjata ringan merupakan program Satuan yang dilakukan secara bertahap bertingkat dan berlanjut setiap triwulan dengan tujuan untuk memelihara, mengasah dan meningkatkan kemampuan prajurit dalam menembak senjata ringan.

“Agar latihan berjalan dengan tertib dan aman, baik pendukung maupun peserta menembak harus mematuhi prosedur tetap (Protap) dan mekanisme latihan yang sudah dijelaskan. Kami menekankan pentingnya keamanan dalam latihan, baik personel maupun materilnya. Bagaimana personelnya sehat dan selamat begitu juga dengan senjatanya tidak ada kerusakan. Ini dapat mengindikasikan latihan sudah berhasil,” katanya.

Sementara itu, Koormat Senapan Kapten Cba M. Isa Saefudin menjelaskan terkait latihan menembak senjata ringan di Satuan Kodim bahwa peserta menembak senapan adalah prajurit baik berpangkat Perwira, Bintara dan Tamtama. Adapun untuk menembak pistol sesuai peraturan terbaru pesertanya adalah unsur Perwira.

“Latihan menembak yang dilaksanakan setiap triwulan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan prajurit, saat ini memasuki program latihan triwulan III seharusnya kemampuanya sudah semakin baik. Sehingga secara umum tujuan dari latihan ini dapat tercapai yaitu terpeliharanya kemampuan dan keterampilan prajurit dalam menembak senjata ringan,” jelasnya.

Kegiatan ini juga mendapat pengawasan dari Komando Atas dalam hal ini Tim Dalwaslat Korem 071/Wijayakusuma yang dipimpin Perwira Seksi Latihan (Pasilat) Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian, sesuai tupoksinya sebagai fungsi pengawasan dan pengendalian terhadap kegiatan latihan menembak di Satuan jajaran termasuk didalamnya Kodim 0703 Cilacap.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *