Dosen Sistem Komputer ini Pembicara Workshop Membuat Video Pembelajaran Kreatif dan Inovatif

  • Whatsapp
banner 468x60

(humasnews.com) –BANDARLAMPUNG – Dosen Sistem Komputer IIB Darmajaya menjadi pembicara workshop Membuat Video Pembelajaran Kreatif dan Inovatif di SMP PKMI Immanuel Bandarlampung, Kamis, (19/8/2021).

Sabam Parjuangan, S.T. M.Kom., menerangkan cara sederhana pembuatan video pembelajaran dengan menggunakan smartphone.  Pertama, dengan melakukan persiapan aplikasi screen recorder & video recorder yang dapat diunduh di google playstore.

“Unduh juga perangkat aplikasi canva yang akan digunakan untuk membuat slide. Mulai dengan membuat materi slide pada aplikasi canva yang telah diunduh di smartphone masing-masing,” ucapnya.

Sabam –biasa dia disapa – melanjutkan dengan membuat video pembelajaran pada aplikasi screen recorder & video recorder yang telah diunduh. “Masukan slide materi yang telah dibuat ke dalam video recorder dan masukan suara yang telah direkam dalam sisipan slide materi tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, setiap pengajar dapat membuatnya secara mandiri melalui handphonenya masing-masing. “Pembuatan video pembelajaran membutuhkan ruang yang banyak dalam penyimpanan handphone kita. Pastikan untuk setiap pembuatan video, penyimpanan dalam handphone kita mencukupi,” imbuhnya.

Sabam yang kini sedang menempuh studi doktoral di ITB ini menambahkan bahwa dengan banyaknya aplikasi yang tersedia di playstore memudahkan untuk membuat video pembelajaran yang menarik. “Untuk membuat lebih menarik di tampilan video banyak fitur yang dapat dimanfaatkan di video recorder maupun pada pembuatan slide di canva. Jadi tidak lagi menggunakan PC ataupun laptop untuk membuat video pembelajaran hanya dengan smartphone digenggaman tangan,” pungkasnya. (**)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *