Dosen dan Mahasiswa IIB Darmajaya Berikan Pelatihan Budikdamber kepada Anak-anak Rumah As Sakinah

  • Whatsapp
banner 468x60

(humasnews.com)-BANDARLAMPUNG – Dosen IIB Darmajaya melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan budidaya ikan dalam ember (Budikdamber) di Rumah Asuh As Sakinah, Jalan Terusan Way Semangka, Pahoman, Telukbetung Utara, 8 dan 10 Agustus 2021.

Adapun pengabdian masyarakat yang dibiayai Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tersebut diketuai Rahmalia Syahputri, S.Kom., M.Eng.Sc., dengan dua anggota Jaka Darmawan, S.E., M.Ak. dan Nurfiana, S.Kom., M.Kom serta empat mahasiswa terdiri dari Prodi Sistem Informasi dan Prodi Teknik Informatika yakni Muhammad Alifiya, Andra Ramadhan Pratama, M. Alkahfiansyah, dan Muhammad Miftahul Jinan. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Rahmalia Syahputri mengatakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Rumah As Sakinah meliputi pelatihan, focus group discussion, pendampingan dan monitoring. “Pelatihan diikuti 24 anak asuh, 5 musyrif, dan 1 pengurus,” ungkapnya.

Masih kata dia, pelatihan budikdamber meliputi pengenalan alat dan bahan budidaya, menyiapkan media ember, menyiapkan media tanam, dan keselamatan kerja. “Kami juga telah menyediakan 10 ember dengan 100 gelas plastik beserta bibit tanaman cabai, tomat, kangkung, dan sawi untuk Budikdamber serta seribu ikan lele yang langsung dipraktikan oleh peserta,” ujarnya.

Dosen Prodi Teknik Informatika ini menerangkan peserta juga mendapatkan materi dari Founder Budikdamber Juli Nursandi tentang peran Budikdamber dalam ketahanan pangan. “Kita juga menghadirkan Pengasuh Panti Asuhan Budi Mulya, Ustaz Ahmad Turnuzie yang berbagi pengalamannya dalam Budikdamber sejak akhir tahun 2019 dengan pendampingan kami,” imbuhnya.

Pengabdian masyarakat ini, lanjut Rahmalia, bertujuan agar Rumah As Sakinah dapat menghasilkan memiliki ketahanan pangan dan anak-anak maupun pengurus memiliki keterampilan Budikdamber. “Sebelumnya juga kita melihat Rumah As Sakinah merupkana lembaga yang sumber daya manusianya belum memiliki pengetahuan dan keterampilan budidaya ikan dan sayuran, sehingga diperlukan pendampingan dan monitoring yang terjadwal dan berkesinambungan,” urainya.

Sementara, Perwakilan Rumah As Sakinah, Ahmad Mustofa mengucapkan terima kasih atas kepedulian dari Dosen IIB Darmajaya untuk memberikan pengetahuan mengenai Budikdamber. “Dengan Budikdamber juga membuat kebutuhan sayur mayur untuk pangan di Rumah As Sakinah sangat terbantu,” ucapnya.

Anak-anak, lanjut dia, juga memiliki keterampilan yang dapat bernilai ekonomis. “Kami juga dapat memanfaatkan lahan sempit untuk lebih produktif dan menghasilkan,” pungkasnya. (*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *