Apa Jadinya Kalau Filter CVT Motor Matic Dilepas?

  • Whatsapp
banner 468x60

(humasnews.com) – BANDAR LAMPUNG – Filter CVT berguna untuk menyaring kotoran agar tidak masuk ke bagian CVT motor matic kesayangan Anda. Namun tak jarang, filter ini kurang mendapatkan perawatan. Misalnya, dibiarkan kotor atau malah dilepas.

Padahal jika filter CVT motor matic dilepas, tentu ada efek negatifnya. Apabila Anda belum ‘ngeh’ posisi filter ini, cobalah lihat ke bagian depan crankcase pada CVT, di dalam kotak plastik. Meski ada teman Anda yang melepas filter CVT motornya, bukan berarti hal ini aman, ya!

Risiko melepas filter CVT

Pernah mendengar istilah, “Kalau ngomong itu difilter dulu!”? Tutur kata yang tidak disaring kerap menimbulkan sakit hati. Nah, kalau filter motor matic Anda tidak ada, yang sakit nanti adalah CVT-nya. Ini penjelasan lengkapnya.”jelas Fredy Service Advisor Ahass Astra Motor Natar

  1. Muncul getaran

Kalau Anda merasakan getaran ketika sedang membonceng gebetan, itu bukan perasaan halu akibat belum makan. Melainkan efek dari tidak adanya filter CVT. Getaran ini muncul akibat penumpukan kotoran di daerah CVT. Ya, tidak perlu heran, karena filter yang berfungsi menyaring kotoran, sudah tidak ada lagi.

  1. Komponen jadi kotor

Kotornya komponen karena tidak ada filter CVT, membuat usia pakainya semakin pendek. Sebut saja roller atau v-belt. Dengan kata lain, Anda harus menggantinya sebelum waktu seharusnya. Artinya, tentu ada biaya yang harus dikeluarkan. Padahal kalau filter CVT tetap terpasang dan terawatt dengan baik, tentu penggantian semacam ini tidak perlu dilakukan sebelum waktunya.

Tips membersihkan filter CVT

Untuk menjaga keawetan filter CVT dan komponen-komponen yang berkaitan dengan bagian ini, Anda bisa membersihkannya sendiri di rumah ataupu kosan. Karena filter ini dibuat dari bahan spons, Anda dapat mencucinya dengan mudah menggunakan air. Yang penting sebelum dipasang, pastikan filter sudah dalam kondisi kering sepenuhnya.

Tips lainnya adalah untuk senantiasa memeriksa kondisi filter ketika CVT dibongkar. Untuk yang satu ini, mekanik di bengkel pun bisa membantu Anda. Setelah mengetahui pentingnya keberadaan dan perawatan filter CVT, jangan sampai mengabaikannya ya!

Sebab jika tak terawat, isi dompet Anda yang jadi sasaran. Yuk segera lakukan service hubungi kami untuk booking service di 0721 92661 atau 081271830826

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *