Gelar Tradisi Gojek Suroan, Warga Desa Bagelen Berharap Pandemi Covid-19 Cepat Berlalu

  • Whatsapp
banner 468x60

(humasnews.com) -PESAWARAN –Tradisi malam Satu Suro yaitu 1 Muhharam 1443 Hijriah, atau peringatan tahun Baru Islam tahun 2021 hingga saat ini masih melekat di masyarakat Jawa diberbagai daerah. Tradisi leluhur ini biasanya dilakukan pada malam hari sebelum tanggal 1 Muhharam.

Di Pesawaran misalnya, salah satunya dilakukan masyarakat di Desa Bagelen Kecamatan Gedongtataan. Tradisi Gojek Suroan (Tabuh Lesung)  rutin dilakukan setiap malam satu suro.

Mbah Wowo (67) mengatakan tradisi gojek suroan dilakukan mulai dari Pukul 19.00 Wib hingga pukul 24.00 wib.  lesung yang terbuat dari kayu nangka Dimainkan 5 sampai 6 orang untuk dapat menghasilkan nada suara, mereka memukul secara bergantian dengan alu,  pada bagian atas, samping, tengah, atau tepat di bagian cekungan.

“Yo musik ke  ono jarang pingkal, wayangan, kutut manggung. Kalo jarang pingkal itu orangnya 6. ketut manggung 6 juga orangnya. Gojek ini sejarah turun temurun, dari dulu sampe sekarang gak ilang. Pokoknya sejarah lah”Ujar Mbah Wowo. (Senin Malam 9/8/3/2021)

Tahun baru Islam  1 muhharam 1443 H ini, kata Mbah Wowo. Dia  Berharap, selaian wabah  Pandemi Covid-19 dapat segera berakhir. Wanita paruh baya ini pun berpesan agar tradisi Gojek ini dapat  terus di lestarikan kepada generasi muda.

“Harapan mbah ini jangan sampe dihilangkan gojek ini sampain besok-besok. Harapan ne pokok’e  pandemi geh ilang, urip koyo biyen (hidup kaya dulu lagi) , meneh orak susah (biar tidak susah) “katanya.

Sementara itu, Ketua RT III Tikno menjelaskan, Tradisi Gojek Suroan (Tabuh Lesung) tahun ini berbeda dari sebelumnya, sebelum memulai gojek warga lingkungan sekitar melaksanakan doa bersama di halaman rumah salah satu warga.

“Tadi kami berdoa bersama agar para warga dapat terhidar dari Covid-19 yang sakit dapat segera Sembuh. Sekaligus menyantab Bubur Suroan. Ya Mudah-mudahan di awal bulan suro ini pandemi di indonesia dan dunia segera berakhir.”Pungkasnya.(*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *