Bupati Samsudin Anggiluli, S.E; Kami Siap Dirikan Universitas di Sorsel

  • Whatsapp
banner 468x60

(humasnews.com) – SORSEL – Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli, S.E  mengunjungi Kabupaten Biak Numfor,  kehadiran Bupati Sorong Selatan di kota karang panas tersebut adalah untuk melakukan koordinasi bersama pimpinan L2 DIKTI Wilayah XIV Papua/Papua Barat terkait rencana pendirian Universitas Werisar yang akan dibangun di kabupaten Sorong Selatan, perguruan Tinggi Swasta yang diprakarsai oleh Samsudin Anggiluli tersebut telah diusulkan sejak tahun 2017 dengan menyurati pimpinan L2 DIKTI XIV Papua/Papua Barat terkait pendirian Perguruan Tinggi Swasta di wilayah Sorong Selatan, oleh sebab itu saat ini kami menyambangi Biak Numfor untuk bertemu dengan Dr. Suriel S. Mofu, S.Pd, M.Ed. TEFL., M.Phil selaku Ketua L2 DIKTI XIV.

Kunjungan Bupati Sorong Selatan itu berlangsung selama dua hari yakni tanggal 28-29 Juli 2021 dengan agenda tatap muka bersama L2 DIKTI Wilayah XIV bertempat di Hotel Arumbai Biak, kehadiran Bupati Sorsel tersebut mendapat tanggapan positif dari Ketua L2 DIKTI Wilayah  XIV, dimana Dr. Suriel Mofu menyambut Positif kunjungan Bupati Sorong Selatan dan Tim pendiri Universitas Werisar, serta Mofu  berharap agar Pendirian Universitas ini segera dilaksanakan, oleh sebab itu dirinya berharap kepada Pak Bupati bersama dengan Tim Pendiri maupun Pihak Universitas Werisar untuk segera dapat melengkapi dokumen yang menjadi syarat administrasi terkait pendirian perguruan tinggi swasta di Kabupaten Sorong Selatan tersebut, agar di tahun 2022 Universitas Werisar sudah dapat melakukan penerimaan mahasiswa baru, untuk kepentingan tersebut maka Dr. Surial Mofu merencanakan untuk melakukan visitasi pada bulan November/Desember 2021 ke Sorsel guna melihat kesiapan pendirian Universitas pertama di Kabupaten Sorong Selatan tersebut.

Dalam kunjungan di Kabupaten Biak Numfor tersebut, Bupati Sorong Selatan juga berkesempatan mengunjungi beberapa objek wisata yang ada di kabupaten Biak Numfor diantaranya Air terjun Warsarafak, Pantai Wari, Tanjung Saruri, Pantai Fani serta Pulau Yeurui.

Kunjungan Bupati Kabupaten Sorong Selatan Provinsi Papua Barat juga turut didampingi oleh dua OPD Terkait diantaranya Dinas Pendidikan Kab. Sorong Selatan dan Kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dalam kunjungan tersebut Bupati beserta dua pimpinan OPD tersebut juga menyempatkan diri meninjau pembangunan Gedung Gereja Baru Jemaat Victory Warkimbon Klasis Biak Utara.

Kehadiran kunjungan Kerja Bupati Sorsel tersebut disambut oleh Keluarga Besar Msiren dan keluarga terkait di kampung Kobeoser-Warkimbon Biak Utara Kab. Biak Numfor, sambutan tersebut juga disajikan prosesi adat mansorandak atau injak piring yang telah menjadi tradisi turun temurun dari suku biak.

Samsudin Anggiluli kepada masyarakat dan awak media menyampaikan kekagumannya akan kondisi kabupaten Biak sebagai kabupaten yang bersih dan indah di Tanah Papua, didukung dengan panorama alam yang indah dan sangat strategis di Indonesia jika dilihat dari berbagai sektor, sehingga dirinya mengharapkan dukungan dan kerja sama semua elemen masyarakat untuk mendukung kebijakan pemerintah secara nasional, dimana dirinya juga mendukung pengaktifan kembali Bandara Internasional Frans Kaisiepo untuk membuka akses transportasi kedalam maupun keluar negeri melalui Biak.

Disisi lain kebijakan pemerintah lainnya untuk menjadikan Biak sebagai pusat ekspor ikan di Wilayah Papua dan Papua Barat, Samsudin menambahkan jika kebijakan pemerintah tersebut dilaksanakan maka pastinya berdampak positif bagi masyarakat di Biak, sehingga dengan adanya tren positif iklim investasi di Biak, sehingga akan berdampak pada value ekonomi bagi Kabupaten Biak Numfor, serta efeknya secara positif akan dirasakan oleh masyarakat yang tinggal di kota dengan sejarah besar perang dunia kedua tersebut.

Bupati Samsudin dalam kunjungan tersebut secara spontanitas melakukan kegiatan bersama masyarakat yang berada di Biak Utara, kegiatan tersebut diantaranya lomba kuis berhadiah kepada anak-anak sekolah dasar di beberapa tempat wisata, serta kegiatan pertandingan bola kaki bagi anak-anak di Kampung Opsbari.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *