Pilih Kuliah dan Jurusan, Tentukan Karirmu Wahai Lulusan SMA Sederajat

  • Whatsapp
banner 468x60

(humasnews.com) – BANDARLAMPUNG – Menyiapkan karir dengan perencanangan yang tepat menjadi salah satu jalan menuju kesuksesan. Hal ini disampaikan Bety Magdalena, S.Pd., M.M., dalam webinar Tentukan Karirmu Sebelum Kuliah yang diselenggarakan Prodi Manajemen IIB Darmajaya Sabtu, (31/7/2021).

Webinar yang dimoderatori mahasiswi Prodi Manajemen yang juga selebgram Lampung Veranique Putri Sunaryo diikuti calon mahasiswa melalui ruang pertemuan zoom. Webinar juga diikuti lebih dari puluhan peserta lulusan SMA sederajat.

Mrs. Bety–biasa dia disapa–menuturkan bahwa ketika telah menyelesaikan studi pada jenjang SMA sederajat maka terdapat banyak pertanyaan yang ditujukan ke diri sendiri. “Ketika saya berada di posisi kalian yang baru lulus. Jangankan menanyakan karir tetapi setelah tamat SMA mau kemana dan tidak tahu harus menjawab bagaimana,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan akan terdapat satu titik pada diri sendiri untuk merenung dan berpikir harus menjadi sukses kedepannya. “Mau ngak mau, siap ngak siap. Kita harus ada satu titik untuk merenung dan saya harus membahagiakan orang tua dan menjadi orang hebat. Aku mampu tidak ya,” ceritanya.

Penentuan karir, lanjut dia, dimulai dari memutuskan untuk kuliah atau tidak. “Karena dengan kuliah keterampilan pengetahuan menjadi meningkat. Dengan berpendidikan tinggi peluang kerja juga semakin besar,” ujarnya.

Tak hanya itu saja, kata Mrs. Bety, wawasan dan pengetahuan yang didapatkan merubah pola pikir menjadi lebih dewasa saat menentukan untuk kuliah. “Derajat di mata manusia akan terangkat dengan memiliki pendidikan tinggi,” imbuhnya.

Pembina UKM Bahasa IIB Darmajaya ini menerangkan jangan sampai memilih kuliah karena cuma ikut-ikutan teman atau gengsi. “Itu keliru dan akan merusak karirmu ke depan. Karena biaya kuliah tidak murah dan tidak main-main dalam menjalankannya,” jelasnya.

Mrs. Bety juga mengajak para peserta dari lulusan SMA sederajat untuk mempertimbangkan dalam memilih jurusan saat berkuliah. “Sesuaikan dengan minat hobi, sesuaikan dengan potensi diri, sesuaikan dengan peluang karir kedepan, sesuaikan jurusan dengan keunggulan universitas, sesuaikan dengan kemampuan finansial, dan minta pendapat dari orang-orang terdekat,” bebernya.

Sementara, Ketua Prodi Manajemen IIB Darmajaya, Dr. Anggalia Wibasuri, S.Kom., M.M.,  mengatakan webinar ini digelar untuk memberikan pandangan kepada calon mahasiswa dalam menentukan karir di masa depan dengan pilihan prodi yang tepat. “Dengan pemilihan prodi dan potensi diri dari calon mahasiswa yang sesuai akan membuat perencanaan karir menjadi tepat,” ungkapnya.

Anggalia–biasa dia disapa–mengungkapkan kegiatan webinar ini juga sebagai pengenalan Prodi Manajemen IIB Darmajaya kepada calon mahasiswa. “Dengan memberikan gambaran karir dan kompetensi yang akan didapatkan selama kuliah nantinya. Sehingga mereka juga memiliki keyakinan untuk karir ke depan yang cemerlang dengan memilih Prodi Manajemen,” tutupnya. (**)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *