Pembangunan Tower Air Bersih Menjadi Prioritas Pemdes Karang Rejo

  • Whatsapp
banner 468x60

(humasnews.com)-PESAWARAN-Pemerintah Desa Karang Rejo, Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran tahun ini bersama warganya tengah  membangun tower air bersih yang mampu menyuplay 500 kepala keluarga yang anggaranya bersumber dari  bantuan pemerintah pusat tahn 2021 sebesar Rp.306 juta.

“Tahun ini pembangunan tower air bersih tengah kita kerjakan di Dusun II yang anggarannya mendapat kucuran dari pemerintah sebesar Rp.306 juta,”kata Kades Karang Rejo Sutris Edi,Rabu (28/7/2021).

Masih kata Edi, program pembangunan tower air bersih menjadi prioritas Pemdes Karang Rejo, mengingat antusiasme masyarakat Karang Rejo,  khususnya warga Dusun II  sangat tinggi untuk mewujudkan Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (SPAMS) di desa  mengingat pentingnya air minum bagi kehidupan sehari-hari.

“Dengan adanya program Pansimas untuk membangun tower air bersih ini masyarakat sangat senang dan bersyukur karena tidak lagi kesulitan mendapatkan  air bersih terlebih dimusim kemarau,”ungkap Kades yang baru satu periode memimpin Desa Karang Rejo ini.

Sutris Edi mengatakan, rasa syukur bahwasanya Desa Karang Rejo mendapat anggaran pembangunan air bersih melalui program Pansimas. Terlebih  kegembiraan kini mulai dirasakan oleh ratusan jiwa masyarakatnya bisa menikmati air bersih untuk dikomsumsi.

Menurut Sutris, selama ini hampir sebagian besar masyarakat Desa Karang Rejo, khususnya warga yang ada di Dusun III dan III kekurangan air bersih terlebih lagi disat musim kemarau.

“Dengan adanya PAMSIMAS, masyarakat tidak lagi kekurangan air bersih pada saat musim kemarau tiba. Tower air bersih yang saat ini tengah dibangun bisa mensuplay 500 kepala keluarga di dua dusun yakni dusun II dan dusun III Desa Karang Rejo,”terang Sutris.

Ia menilai program bantuan sarana dan prasarana air bersih dari Pemerintah Pusat melalui program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dan menjadi salah satu program unggulan bagi Pemdes Karang Rejo. Karena, menurutnya, masyarakat desa menjadi semakin mudah memperoleh air bersih dan meningkatkan kesejahteraan serta menjalankan pola hidup bersih.

“Keberhasilan program Pamsimas berkat kerja sama dan dukungan dana melalui kolaborasi Pemerintah Pusat melalui APBN, APBD daerah, dana desa dan dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR),”urainya.

Sementara itu Ketua BPD Desa Karang Rejo, Sugino mengatakan, terkait dana pansimas, alhamsulilah kita bisa membangun tower air bersih sesuai dengan ketentuan pemerintah dengan memakaimalkan para pekerha melibatkan masyarakat setempat, disamping pemerintah bisa membantu kami Desa Karang Rejo.

“Mudah-mudahan untuk kedepannya Desa Karang Rejo ini muncul sendiri istri window pemerintah  bisa untuk memunculkan kembali bantuannya agar masyarakat kita bisa memanfaatkan yang lain, bukan disini saja semuanya mencukupi satu desa,”papar Sutris.

Dalam pelaksanaan pembangunanya, lanjutnya, ini waktunya 3 bulan.

“Sebenarnya pembangunan ini sudah rampung, tetapi karena kemarin terdapat kendali sedikit yang menyangkut soal dana Covid-19. Dan pekerjaan ini akan kami kebut sehinga rampung semua pekerjaan di bulan Agustus nanti,”imbunya.

Sedangkan saat di dimintai tanggapannya terkait pembangunan tower air bersih salah satu warga Sugiyem mengaku merasa senang atas pembangunan tower air bersih tersebut.

“Keberadaan tower air bersih, tentunya saya mau pun warga di Dusun II ini merasa senang, karena  pada saat musim kemarau masyarakat disini tidak lagi kekurangan air bersih, tentunya senang dong. Dan sebagai masyarakat saya merasa sangat terbantu atas program pemerintah ini.

“Saya berharap untuk kedepannya khusunya untuk Pemdes Karang Rejo. Disamping adanya bangunan tower air bersih juga jalan-jalan atau jalan gang-gang yang sudah rusak agar lekas diperbaiki sehingga masyarakat merasa nyaman menjalankan aktifitas. Intinya pemerintah daerah, khususnya Pemdes lebih perduli lagi lah ke masyaraka sehingga kesejahteraan warga tercapai  dan juga pembangunannya lebih baik lagi lah,”kata Sugiyem seraya tersenyum.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *